Vacation

5 Kuliner Di Malioboro Yang Patut Dicoba Ketika Liburan ke Jogyakarta

Jogyakarta, saya tidak pernah bosan untuk selalu kembali kesana. Ada banyak alasan untuk berkunjung ke kota Gudeg. Entah untuk belajar, bekerja, berlibur atau sekadar menyambangi kawan-kawan.

Salah satu alasan pengin kembali ke Jogyakarta karena ingin menjelajahi Malioboro hingga ke setiap sudutnya. Meskipun sudah berkali-kali kesana bahkan ikut tour Malioberen tapi belum semua sudut Malioboro puas saya jelajahi.

Bagi saya menyusuri Malioboro itu menarik. Saya bisa menyaksikan kehidupan masyarakat Jogyakarta dari sini. Batik, galery seni ataupun aneka kuliner memang tak asing lagi buatku. Tapi, bisa menikmatinya dengan santai, tidak diburu waktu, itu kesempatan yang jarang banget kudapati.

Makanya saya masih ingin kembali ke Malioboro. Salah satunya pengin banget menikmati aneka kuliner di Malioboro yang kabarnya enak. Bahkan ada kuliner kaki lima yang antriannya banyak beud. Yang begini suka bikin penasaran, kan. Beneran enak atau karena lagi booming aja, nih.

Beberapa kuliner di Malioboro sudah pernah saya coba. Selebihnya masih cita-cita, semoga pas berkunjung ke Malioboro lagi, ada kesempatan menikmatinya.

5 Kuliner Di Malioboro Yang Terkenal Enak

1. Soto Ayam 61

soto ayam legendaris di malioboro

Soto ayam dengan sambal kecap

Warung sotonya terletak di seberang Kampung Ketandan. Warung soto ini telah berdiri sejak tahun 1976. Wow, lebih tua dia dibanding saya teman-teman. Percaya nggak sih, kalau soto ini bisa bertahan hingga puluhan tahun itu pasti karena rasanya yang enak? Kalau saya sih, percaya. Apalagi saya sudah mencobanya.

Soto Ayam 61, adalah jenis soto ayam berkuah bening. Biasanya dimakan bareng lauk pendamping seperti sate ayam kecap, perkedel kentang dan telur kecap. Uniknya, sambal Soto 61 itu adalah sambal kecap. Awalnya agak ragu tapi setelah mencobanya, ternyata enak juga. Asal jangan kebanyakan biar rasa sotonya tidak berubah jadi manis.

2. Lumpia Samijaya

Foto : Bobby Visca
StarJogja

Ini nih yang saya singgung tadi. Tempat jualannya sih di emperan toko dengan memakai gerobak. Tapi, pembelinya, ramai beud. Kalau beli lumpia di sini harus sabar menanti. Udah kek ngantri dokter aja, pakai nomor urut.

Lumpia Samijaya memang lumpia legendaris. Kabarnya sudah ada sejak tahun 1976. Lumpianya tersedia dalam dua versi yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Sementara isinya sayuran dan daging ayam. Ada juga variasi yang lain. Kalau teman-teman penasaran, silahkan dicoba kalau ke Malioboro. Letaknya di depan toko Samijaya atau samping hotel Mutiara.

3. Gudeg Pasar Beringharjo

Gudeg depan pasar beringharjo

Di depan pasar Beringharjo, persis di pintu masuk itu ada penjual gudeg, pecel dan lain-lain. Pokoknya banyak jenis makanan khas yang dijual di sana. Sangat menggoda, karena terpampang nyata di depan mata. Kalau habis jalan-jalan dan belanja di pasar trus lapar, bisa nih makan di sini.

Nah, saya pernah mencoba makan gudeg. Porsinya mengenyangkan dan harganya cocok di kantongku. Rasa gudegnya juga lumayan, sesuai lah dengan harganya. Jadi kalau teman-teman tipe orang nggak masalah makan apa dan dimana aja, gudeg ini bisa jadi pilihan.

4. Gado-gado Bu Hadi

Sumber : intisari.grid.id

Masih seputar pasar Beringharjo, selain gudeg ada juga kedai gado-gado yang legendaris. Dikenal dengan nama gado-gado Bu Hadi. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1952. Sekali lagi wow, seusia siapa ya ini? Qeqeqe, ya ampun bener legen deh ini.

Sepiring sayur mayur ditambah telur, disiram kuah kacang yang gurih dan legit. Bagi teman-teman yang butuh asupan vitamin dan mineral selama liburan, menu gado-gado Bu Hadi bisa jadi pilihan.

5. Gudeg Yu Djum

Sumber : gudegyudjumpusat

Nah buat teman-teman yang pengin bawa oleh-oleh gudeg, bisa nih ke Gudeg Yu Djum. Di sini banyak pilihan ada gudeg kering maupun basah. Kemasannya pun dibuat aman sehingga gudeg bisa dibawa untuk oleh-oleh.

Gudeg Yu Djum ini juga termasuk kuliner di Malioboro yang legendaris. Lebih tua usianya dibanding kuliner di Malioboro sebelumnya. Gudeg Yu Djum telah berdiri sejak tahun 1942. Wah, sudah lebih dari separuh abad ya. Pantas saja, selalu ramai dan dituju banyak wisatawan. Jadi, kalau ke Malioboro jangan sampai dilewatkan deh, makan gudeg legendaris Yu Djum.

Kira-kira nih, seharian di Malioboro kuat nggak menikmati kelima kuliner tadi? Hahaha, kalau saya sih enggak. Nah, pilihannya ya, liburannya jangan sehari doang. Paling tidak dua hari lah. Biar puas, ye kan.

Jika begitu, teman-teman pasti butuh tempat menginap, kan. Tak usah pusing memilih hotel untuk menginap selama liburan. Hotel-hotel sekarang makin variatif harga dan fasilitasnya. Kalau ingin berhemat bisa pilih hotel-hotel budget.

Nah, ketika membutuhkan tempat menginap di Jogyakarta juga nggak oerlu cemas. Tenang saja, ada banyak hotel di Jogja bisa dipilih. Apalagi di seputar Malioboro, banyak hotel dari kelas melati hingga hotel berbintang. Tinggal pilih sesuai keinginan. Kalau nggak mau direpotkan dengan urusan booking hotel bisa pakai aplikasi pegi-pegi.

Caranya tinggal masukkin kota tujuan, tanggal check in dan check out serta jumlah tamu dan kamar yang akan dipesan. Setelah itu bakal muncul deh, hotel-hotel di kota tujuan. Langkah selanjutnya tinggal memilih hotel yang sesuai dan ikuti petunjuk selanjutnya. Mudah, kok.

Kalau untuk booking hotel semudah itu, pengin kan jalan-jalan ke Malioboro dan menikmati kuliner di Malioboro yang enak-enak dan legendaris.

16 Comments

  1. Disma Ariyanti January 25, 2019
  2. vika January 25, 2019
  3. Wiwin Pratiwanggini January 25, 2019
  4. Sapti nurul hidayati January 25, 2019
  5. Nisya Rifiani January 26, 2019
  6. Miss Riana January 26, 2019
  7. innaistantina January 26, 2019
  8. mysukmana January 27, 2019
  9. Elliza Efina January 28, 2019
  10. kanianingsih January 29, 2019
  11. Ima satrianto February 1, 2019
  12. Hanifa February 1, 2019
  13. Lusi February 5, 2019
  14. Astin Astanti February 5, 2019
  15. acer March 1, 2019
  16. duniamasak April 29, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.