Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Lifestyle

5 Rekomendasi Make up Halal untuk Tampil Kekinian

Dulu saya nggak pernah ngomongin soal make up. Produk yang saya pakai paling banter hanya pelembab dan bedak saja. Setelah usia pernikahan menginjak usia 14 tahun, setahun kemarin tepatnya, saya mulai deh bergaul lebih intens dengan yang namanya make up, apalagi sekarang make up halal itu banyak banget pilihannya.


Terus terang dulu saya sempat heran sama perempuan yang suka dandan. Kok bisa rela berlama-lama di depan cermin menghias diri. Bergaul dengan aneka brush yang fungsinya macam-macam. Produk kosmetik yang dipakai juga banyak macamnya. Misalnya saja nih eyeshadow, warnanya kan banyak sekali macamnya, mereka nggak pusing gitu memilih warna yang bakal dipakai. Belum lagi produk lainnya.

Tapi, setelah mencoba memakai make up meskipun nggak sekomplit teman-teman beauty influencer, ada rasa bahagia muncul ketika mematut diri di cermin. Merasa lebih baik penampilannya dan tumbuh rasa sayang sama diri sendiri. Alasan seperti ini tentu individual ya sifatnya. Apa yang saya rasakan belum tentu sama dengan yang orang lain rasakan ketika berdandan.

Aniwei, saya makin pengen bisa memakai make up karena gaya make up terus berkembang. Kalau dulu kita mengenal kata dandan itu pasti bakal menor, sekarang ini nggak lagi. Ada gaya make up kekinian bermunculan dan lebih natural.

Gaya make up flawless dan glowing adalah dua di antara sekian banyak gaya make up kekinian yang populer. Riasan flawless itu nggak menor sehingga wajah terlihat lebih natural dan segar. Sementara itu, gaya make up glowing adalah riasan yang membuat wajah tampak berkilau.

Bagaimana sih caranya menghasilkan riasan flawless dan glowing? Tentu ada teknik tertentu untuk menghasilkan make up seperti itu. Selain teknik, produk make up juga penting diperhatikan, terutama bagi para muslimah. Syarat halal juga harus dipenuhi oleh produk make up yang dipakai.

Trus, apa saja sih kriteria make up halal itu?

Kriteria Make up Halal yang Harus Dipahami

Secara umum, kriteria halal yang berlaku mengacu pada dua hal, yaitu meliputi bahan dan proses produksi.
Bahan pembuat kosmetik tidak boleh menggunakan bahan tidak halal beserta turunannya.

Misalnya adanya unsur babi, anjing, darah, binatang buas, bangkai, manusia, dan alkohol.

Bisa tahu dari mana ya sebuah produk makeup itu halal atau tidak? Yang pertama harus dilakukan tentu mengenali ingredients-nya. Beberapa bahan diketahui bisa dibuat dari hewan maupun manusia.

Contohnya, bahan yang bernama keratin, ini bisa diambil dari manusia. Bahan lain yaitu kolagen dan plasenta bisa juga terbuat dari hewan yang tidak halal seperti babi.

Selain dari bahan, make up dalam proses produksinya juga harus bebas dari unsur haram. Misalnya tempat pembuatannya bersih dan terbebas dari najis.

Trus, cara mudah memastikan produk make up halal itu seperti apa? Kalau dari bahan, kita bisa cek dengan membaca label. Pastikan bebas dari bahan haram. Tapi, bagaimana cara memastikan proses produksinya juga halal? Sebagai konsumen, kita nggak mungkin mengecek proses produksi setiap kosmetik, kan?

Halal atau tidaknya make up bisa dikenali dengan adanya logo halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Produk kosmetik yang telah memasang logo halal MUI biasanya telah memiliki sertifikat halal, dimana untuk mendapatkan sertifikat halal, produk make up telah melalui serangkaian pengujian.

Nah, pengujian ini tak hanya sebatas bahan dan proses produksi, lho, tapi meliputi aspek lain seperti pelatihan dan edukasi bahan, kebijakan halal, produk, fasilitas produksi, prosedur tertulis aktivitas kritis, penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria, dan tim manajemen halal serta adanya internal audit dan kaji ulang manajemen.

Jika memenuhi semua aspek tadi, maka sebuah produk make up bisa dinyatakan halal dan berhak mendapat sertifikat halal. Oh ya, sertifikat halal tak berlaku selamanya, lho. Harus rutin diperbarui dan diuji ulang tiap dua tahun sekali.
So, cara paling mudah dan tepat ya, pilih saja produk make up yang telah mendapat sertifikat halal dari MUI.

Trus balik lagi deh ngomongin soal tampilan make up flawless dan glowing tadi. Apakah ada produk make up halal yang bisa menghasilkan kedua tampilan riasan tersebut? Ada dong, bahkan menurut teman saya yang berprofesi sebagai MUA, hasil riasan itu tak hanya tergantung dari kosmetiknya semata tapi tergantung juga pada kemampuan jari masing-masing dalam merias wajah. Iya juga, sih.

Tapi, kan pilihan merk make up halal sekarang banyak banget, ya. Suka bingung nggak sih milihnya? Wkwkwk, kalau saya bingung makanya cari informasi dari berbagai sumber. Nah ini dia hasil penelusuran saya 😍.

5 Rekomendasi Make up Halal Merk Lokal untuk Tampil Kekinian

1. Wardah
Wardah adalah salah satu merk make up halal yang populer. Selain dikenal sebagai pelopor produk kosmetik halal, Wardah dikenal selalu inovatif. Mengeluarkan produk baru mengikuti perkembangan tren make up saat ini.
Bagi teman-teman yang ingin tampil glowing maupun flawless, Wardah memiliki rangkaian produk untuk mendukung keinginan kalian.

Sebut saja untuk produk complexion misalnya Wardah memiliki produk cushion seperti Wardah Insta Perfect Mineralight Matte BB Cushion. Dengan produk ini, tampil flawless jadi mudah. Tinggal di ‘tap-tap’ aja. Bahkan Wardah juga mengeluarkan varian BB cushion terbaru, yaitu Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion. Tinggal pilih aja sesuai selera.

wardah-city-blush

Wardah City Blush Blusher Click Sumber Foto : Wardah Official

Selain cushion, Wardah juga memiliki produk tone up cream yang bisa bikin wajah lebih cerah bersinar. Bagi yang suka pake blush on, Wardah juga punya produk blush on kekinian yaitu City Blush Blusher Click dengan varian warna yang ciamik. Bagi teman-teman yang pengen tampilan alis natural dengan bulu alis yang masih nampak helaiannya bisa pakai aneka produk alis. Banyak banget, ada Wardah Eye Brow Kit, Wardah Eye Brow Pencil, Wardah EyeXpert Matic Eyebrow Pencil, dan satu produk eyebrow dari varian Insta Perfect.

Nah, buat temen-temen yang pengen tampil dengan bibir bak cewek-cewek Korea, Wardah juga memiliki varian lip cream yang bisa dibikin gaya ombre maupun varian lip tint untuk bibir yang lebih segar dan natural.

Seperti yang saya bilang tadi, Wardah memang amat mengikuti tren make up. Jadi kebutuhan untuk bisa tampil flawless maupun glowing bisa didapat.

2. Pixy
Merek kosmetik yang satu ini sudah cukup lama dikenal. Setelah rebranding, Pixy muncul dengan wajah baru dan berbagai produk make up kekinian. Beberapa produknya bahkan hits dan banyak digemari.

Salah satunya adalah Pixy Make It Glow Dewy Cushion. Dengan cushion ini, makeup dengan hasil akhir dewy pun bisa kamu dapatkan, membuat wajah kita nampak glowing dan sehat. Bagi penggemar cushion, tentu makin banyak pilihan cushion lokal, kan?

Pixy twin blush

Pixy Twin Blush
Sumber : Pixy Official

Uniknya, Pixy juga memiliki produk blush on yang bisa dipakai di bibir yaitu Pixy Twin Blush yang punya lima pilihan warna menawan. Ada pula lip tint yang bisa dipakai sebagai blush on yaitu Pixy Tint Me.

Satu lagi produk hits dari Pixy adalah lip cream-nya yang dikenal memiliki tekstur yang lembut, mudah dibaurkan dan tidak bikin kering bibir. Pilihan warnanya juga banyak. Saya termasuk yang suka dengan lip cream Pixy.
Pixy salah satu merek kosmetik lokal yang telah dinyatakan halal oleh MUI. Bisa dicek di situs MUI.

Ada yang punya pengalaman pakai produk Pixy?

3. Emina
Emina memang sister brand dari Wardah. Nggak heran kan kalau Emina juga masuk dalam daftar make up halal.
Sebenarnya, pangsa pasar Emina itu untuk remaja. Tapi, di atas usia remaja banyak yang suka dan pakai produk ini. Apalagi varian produknya lengkap dan kekinian. Mampu mengakomodir mereka yang ingin tampil flawless dan glowing.

Seperti dua merek sebelumnya, Emina juga memiliki produk complexion yang menonjol. Seperti kita tahu untuk menghasilkan tampilan make up glowing dan flawless itu membutuhkan kondisi kulit wajah yang baik agar makeup bisa menempel sempurna.

Tapi, terkadang ada kulit wajah yang pori-pori nya besar. Ini seperti kulit wajah saya. Nah, agar pori-pori bisa tersamar, maka dibutuhkan primer. Emina memiliki primer yang banyak disukai yaitu Emina Pore Ranger.

Make up halal emina pore Ranger

Emina Pore Ranger
Sumber : Emina Official

Untuk cushion sendiri, Emina memiliki produk andalan yaitu Emina Bare With Me Mineral Cushion yang memiliki medium coverage. Produk ini tersedia dalam empat shade yang bisa dipilih sesuai dengan tone kulit kita.
Selain itu Emina juga memiliki Cheeklit Cream Blush, blush on yang mudah diaplikasikan dengan hasil yang natural. Bisa dengan jari saja pengaplikasiaannya. Oh ya, Emina juga memiliki Cheeklit Pressed Blush, warnanya itu lho, cakep-cakep.

4. Purbasari
Banyak yang mengatakan produk cushion Purbasari itu cushion lokal yang coverage-nya juara. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion mampu menyamarkan noda dan pori-pori. Selain itu cushion Purbasari ini mampu mengontrol minyak. Daya tahannya juga diklaim bagus.

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion
Sumber : Purbasari Official

Pengen tampil flawless maupun glowing, mudah aja karena complexion Purbasari yang satu ini kemampuannya diakui banyak beauty influencer.
Selain produk cushion, Purbasari juga memiliki lip cream yang hits banget. Cocok bagi kalian yang pengen tampil kekinian.
Purbasari juga masuk salah satu merek kosmetik lokal yang dinyatakan halal.

5. Make Over
Merek yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu merek kosmetik lokal terbaik. Selain sudah memiliki sertifikat halal dari MUI, Make Over dikenal memiliki banyak varian produk dan kualitasnya bagus. Nggak heran, jika produk ini sering dipakai para MUA sebagai kosmetik lokal andalan.

Sebut saja mulai dari complexion, foundation Make Over memiliki kemampuan dan daya tahan yang bagus. Apalagi jika ditambah dengan Make Over Powder Stay Matte Powder Foundation. Hasil akhirnya bakal flawless. Seakan nggak mau ketinggalan dengan dua saudaranya yaitu Wardah dan Emina, Make Over juga mengeluarkan produk cushion dengan berbagai kelebihan. Make Over Power Stay Demi Matte Cover Cushion coverage-nya juara. Ditambah pilihan shade-nya sesuai banget dengan kulit wanita Indonesia yang sawo matang dan kuning langsat.

Make up halal Make Over Powerstay Demi Matte Cover Cushion

Make Over Powerstay Demi Matte Cover Cushion
Sumber : Make Over Official

Jangan lupakan juga produk lip cream- nya yang bagus dan warnanya juga banyak pilihan. Untuk tampil lebih glowing, Make Over memiliki Power Stay Ultra Glow Highlighter, Multifix Matte Blusher dan Clique Matte Lip Stylo yang bisa dipakai untuk menghasilkan tampilan makeup kekinian.

Nah, itu dia teman-teman daftar make up halal merek lokal yang bisa digunakan untuk tampil flawless dan glowing. Oh ya, harga make up halal merek lokal tadi masih ramah di kantong. Beberapa mungkin terlihat mahal tapi kalau sesuai dengan manfaatnya, nggak rugi, dong.

Tinggal dipilih saja sesuai kulit dan kantong masing-masing, ya! Kalau di antara teman-teman memakai salah satu make up halal di atas, silahkan berbagi pengalaman di kolom komentar, ya. Ditunggu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.