Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Profile

7 Kiat Menjadi Sukses Ini Telah Mengubah Nyi Penengah Dewanti, From Zero To Hero

Apa sih yang teman-teman pikirkan ketika melihat orang lain sukses? Pengin tahu kiat menjadi sukses seperti dia? Atau jadi barisan haters yang bilang begini : “Ah, kamu nggak tahu aja, dia bisa sukses kan gara-gara anu, ini, itu! Hrr, capek deh! Daripada berpikiran negatif mending baca deh, kisah yang inspiratif ini.

Hidup kadang memberi banyak pilihan tapi tidak semua dalam hidup ini bisa dipilih. Saya dan teman-teman tidak bisa memilih dilahirkan dan hidup di keluarga yang mana dan seperti apa. Sebagian dari kita lahir dan dibesarkan di keluarga yang berkecukupan bahkan kaya. Sementara sebagian yang lain, berada dalam keluarga yang serba kekurangan, bahkan untuk makan sehari-hari. Sedih!

Soal ini, mengingatkan saya pada seorang teman. Saya yakin, teman saya ini tak pernah bisa memilih takdir untuk hidup di keluarga yang serba terbatas. Apalagi ditengah keterbatasan itu tidak ada sosok Bapak yang hadir sebagai tulang punggung keluarga. Ia harus kehilangan sosok Bapak disaat usianya 11 tahun.

Sejak saat itu, ia bersama kakak dan adiknya serta Ibunya harus berjuang mempertahankan hidup dengan susah payah. Luka dan airmata adalah teman setia. Tapi, teman saya ini luar biasa, dia tidak menyerah begitu saja pada nasib.

7 kiat menjadi sukses nyi penengah dewanti

foto : Nyi Penengah Dewanti

Dia berjuang di tengah keterbatasan. Ketika teman-teman sebayanya bahagia bisa melanjutkan kuliah maka Ia memilih mengubah takdirnya melalui jalan berbeda. Ia memilih bekerja di luar negeri sebagai seorang TKW.

Perjalanan penuh liku menjadi seorang pembantu rumah tangga di Hongkong dilalui dengan tidak mudah. Masa depan dan keluarganya adalah alasan terbesar sanggup bertahan diantara tekanan pekerjaan dan perlakuan majikan yang seringkali tidak manusiawi.

Bagaimana Ia Sekarang?

Badai telah berlalu! Nyi Penengah Dewanti, blogger perempuan yang saya maksud, memiliki kehidupan yang jauh lebih baik. Sekarang, dia adalah seorang content writer, lifestyle blogger dan penulis novel.

Sudah ada ratusan antologi ditulisnya. Lima novel bahkan telah lahir dari tangan dinginnya. Salah satu novel yang pernah saya baca adalah Promise, Love, And Life terbitan Quanta Elex Media. Novel ini adalah memoar dirinya, mengisahkan perjuangan hidupnya sejak kecil hingga menjadi seorang TKW.

Selain piawai menulis fiksi, Nyi juga rajin menulis blog. Selain blog pribadinya, Nyi Penengah Dewanti yang mengulas tema lifestyle. Ia bahkan membuat blog khusus tentang kuliner kota Kendal. Jadi sah kan, kalau Nyi disebut Blogger Kendal. Tak cuma itu lho, perubahan from zero to hero nya Nyi Penengah Dewanti, ia beberapakali didaulat sebagai pemateri di beberapa acara kewirausahaan. Keren!

menjadi narasumber

Usaha Tak Pernah Mengkhianati Hasil

Kalau melihat Nyi Penengah Dewanti yang sekarang, barangkali ada yang berkomentar: “Enak ya, jadi kamu! Jika melihat apa yang nampak saja, memang iya. Coba deh, lihat apa yang sudah dilalui dan dikerjakan oleh Nyi. Saya yakin nggak ada yang bilang enak.

Lebih jauh mengenai kiat menjadi sukses, saya jadi ingat dengan sebuah infografis yang dishare seorang teman. Isi infografis tersebut sejalan dengan apa yang saya tulis tadi. Kesuksesan itu ibarat gunung es, puncak yang nampak di permukaan itu yang orang lain ketahui. Sementara itu yang bawah permukaan itu jarang diketahui orang. Padahal apa yang terjadi di bawah permukaan itulah kiat menjadi sukses dari seseorang.

Ada 7 kiat menjadi sukses menurut infografis tadi, yaitu:

  1. Dedikasi

Untuk mencapai tujuan, diperlukan pengorbanan baik waktu maupun tenaga. Seseorang yang ingin sukses tentu harus bersedia melakukan semua itu.

  1. Kerja Keras

Sukses itu hasil dari kerja. Bukan hadiah, bukan pula pemberian. Ia harus diupayakan terus menerus melalui kerja, kerja dan kerja.

  1. Kebiasaan Baik

Orang-orang yang sukses adalah mereka yang biasa menjalani kebiasaan baik. Contohnya, disiplin, pantang menyerah, teliti, dan lain-lain.

  1. Mampu Mengatasi Kekecewaan

Dalam perjalanan menuju sukses tentu banyak hambatan. Seringkali itu membuat kecewa. Jika mampu mengatasi semua kekecewaan yang datang, maka sukses akan makin dekat.

  1. Pengorbanan

Kalau orang bilang pengorbanan itu kunci kesuksesan benar adanya. Ibaratnya, pengorbanan itu sarana untuk membeli kesuksesan. Sanggup membayar harganya maka sukses ada di tangan.

  1. Atasi Kegagalan

Seringkali sebelum mencapai kesuksesan orang akan berkali-kali gagal mencapai tujuan. Itu biasa! Einstein saja perlu ribuan kali gagal untuk kemudian berhasil dengan temuannya. Yang harus dilakukan adalah lakukan lagi hingga tujuan tercapai.

  1. Belajar Dari Kesalahan

Tiap orang yang sukses, bukanlah orang yang tak pernah melakukan kesalahan. Melainkan orang yang mampu belajar dari kesalahan terdahulu dan memperbaikinya.

Bertahun lalu Nyi Penengah Dewanti sempat menunda mimpinya untuk kuliah. Ia memilih bekerja menjadi tulang punggung keluarga. Jalannya berliku, penuh onak, luka, bahkan air mata. Tapi, lihat ia sekarang! Ia bisa mewujudkan semuanya.

Keluarganya bisa hidup cukup, Nyi bisa mewujudkan keinginan untuk kuliah, dan memiliki karya yang membanggakan. Semua ini buah dari kesabaran dan kemampuannya untuk mengatasi rasa sakit. Jika saat itu Nyi lemah, ia bisa saja seperti temannya, pulang ke Indonesia dengan tangan hampa. Tapi, ia memilih bertahan, terus berjuang menggapai cita-citanya.You’re rock, Nyi!

Teman-teman pasti memiliki pengalaman dalam meraih cita-cita. Boleh lho, sharing kiat menjadi sukses ala teman-teman!

31 Comments

  1. Nyi Penengah Dewanti March 1, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  2. Ana Ike March 1, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  3. nana March 1, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  4. arinta adiningtyas March 1, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  5. Fubuki Aida March 1, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  6. D Sukmana Adi March 1, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  7. Fanny f nila March 1, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  8. Ranny March 1, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  9. mei wulandari March 2, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  10. Elisamonic March 4, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  11. Lidha Maul March 5, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  12. Rosanna Simanjuntak March 6, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  13. pritahw March 7, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  14. Emeraldine March 8, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
    • Ety Abdoel March 16, 2017
  15. Ahmad March 21, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.