Vacation

Ingin Liburan ke Taiwan untuk Pertama Kalinya? Yuk, Perhatikan 7 Info Penting Ini Dulu!

Taiwan merupakan negara modern yang sangat ideal dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga atau bersama teman-teman. Di sini, kalian nantinya akan bisa menikmati perpaduan antara gaya hidup modern dengan tradisi Taiwan yang masih kental, termasuk dalam kulinernya.

 

Jika teman-teman tidak ingin melihat pemandangan gedung pencakar langit yang menghampar di depan mata, masih ada pesona keindahan alam yang siap menanti untuk  ditemukan.

Nah, terlepas dari apapun tujuan teman-teman selama di Taiwan nanti, ada beberapa informasi penting yang wajib diperhatikan dan ketahui, terutama jika ini akan jadi pengalaman pertama teman-teman berlibur di negaranya Meteor Garden ini.

7 Tip Liburan Ke Taiwan Untuk Pertamakali

1. Kartu Penting untuk Liburan di Taiwan

EasyCard adalah kartu pintar alias smart card yang dapat digunakan untuk menggunakan layanan MRT Taipei serta membayar layanan transportasi lainnya, seperti bus, taksi, kapal feri, hingga YouBike.

Easy card

Di samping itu, teman-teman juga bisa menggunakannya untuk berbelanja di swalayan yang berlogo EasyCard. Jadi praktis, kan? EasyCard juga mudah dibeli di setiap stasiun metro yang ada di Taipei.

2. Mata Uang yang Diterima untuk Pembayaran

Di Taiwan, kita tidak bisa menggunakan mata uang asing seperti dolar AS, dolar Kanada, Euro, maupun rupiah sebagai alat pembayaran. Agar bisa bertransaksi, tukarkan dulu uang yang teman-teman bawa ke TWD atau dolar baru Taiwan.

new taiwan dollar

Sebaiknya, tukarkan di bank atau tempat penukaran uang terpercaya terdekat, dan hindari penukaran uang di bandara. Bank di Taiwan baru mulai beroperasi pukul 9 pagi, dan pastikan teman-teman membawa paspor saat akan menukarkan uang, ya.

Oh iya, teman-teman juga sangat dianjurkan untuk menukarkan dolar AS ke TWD. Jadi, tukarkan dulu rupiah menjadi dolar AS ketika masih di Indonesia. Sebab, jika kalian menukarkan rupiah langsung ke TWDsaat di Taiwan, nilainya akan turun drastis.

Meskipun EasyCard mudah digunakan, masih ada banyak bisnis lokal yang hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Jika teman-teman membawa kartu kredit/debit berlogo Mastercard, Visa, Maestro, atau Cirrus, ada banyak mesin ATM yang bisa kalian temukan. Tapi, sebaiknya lakukan penarikan dalam jumlah cukup besar karena ada biaya tiap penarikan yang cukup besar.

3. Jenis Adaptor yang Dibawa

Pastinya, teman-teman tak ingin momen selama liburan lupa diabadikan, kan? Jadi, pastikan bahwa smartphone dan kamera Anda selalu terisi dayanya. Akan tetapi, catat bahwa jenis adaptor listrik yang digunakan di Taiwan tidak sama dengan yang digunakan di Indonesia. Soalnya, steker listrik di Taiwan sama dengan yang digunakan di AS, yaitu yang punya voltase 110V. Supaya anti ribet, kalian cukup beli universal travel adaptor saat packing barang bawaan.

4. Jangan Berikan Tip

Rupanya, memberi tip bukanlah sebuah kebiasaan di Taiwan. Malah, jika seseorang menerima tip, ia akan merasa tersinggung. Di restoran atau hotel kelas atas sendiri, sudah ada tambahan 10% biaya pelayanan yang akan ditagihkan ke tamu.

5. Taiwan Termasuk Negara yang Aman

Salah satu serunya liburan di Taiwan adalah kondisi negaranya yang aman, bahkan di malam hari sekalipun. Soalnya, ada banyak restoran dan pasar yang beroperasi selama 24 jam. Meski demikian, teman-teman tentunya tetap harus berhati-hati selama berlibur, ya!

Kalau kalian tersesat saat menjelajahi penjuru Taiwan atau tidak mendapatkan cukup informasi harus menaiki kendaraan apa, teman-teman bisa minta bantuan ke nomor 0800-024-111 yang bisa diakses selama 24 jam tanpa biaya. Gunakan bahasa Inggris, Cina, atau Jepang saat menelepon. Dalam kondisi darurat, segera hubungi nomor 119.

6. Menjajal Kuliner Lokal

Dibandingkan makanan khas barat seperti pasta dan pizza, kuliner lokal Taiwan dibanderol jauh lebih murah. Akan tetapi, tidak semua masakan lokal halal atau bebas dari babi. Meskipun dibuat dengan daging ayam atau ikan sekalipun, biasanya minyak babi digunakan sebagai penyedap.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu apakah restoran yang ingin teman-teman kunjungi halal atau tidak. Agar lebih yakin, kalian bisa memilih mengunjungi restoran halal agar lebih terjamin.

7. Siap-Siap Tisu Basah

Mayoritas tempat wisata di Taiwan menggunakan toilet kering. Jadi, Anda bisa siapkan tisu basah atau botol berisi air dan tisu jika lebih terbiasa dengan toilet basah. Ketersediaan toilet dengan bidet atau semprotan air biasanya ditemukan di berbagai tempat wisata yang ramah muslim.

Toilet paper

Dengan mengetahui info ini, kunjungan teman-teman nanti pasti akan semakin seru, sama seperti jika kalian pesan tiket China Airlines yang siap membawa teman-teman ke berbagai destinasi favorit berlibur, termasuk Taiwan! Selamat berlibur, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.