Review/Postpaid

Mudahnya Mencatat Keuangan Dengan Akun Biz, Aplikasi Pencatat Keuangan

Seberapa penting sih, mencatat keuangan pribadi? Menurut saya sih penting. Saya juga sepakat jika keuangan pribadi sebaiknya dicatat secara rapi. Meskipun pendapatan sebagai freelancer itu nggak tentu. Hal seperti ini bukan alasan untuk tidak mencatatnya, kan.

 

Masalahnya, seberapa telaten untuk bisa mencatat keuangan? Ini dia yang kadang angot-angotan. Kalau sedang rajin ya dicatat. Tapi kadang suka males juga.
Ada yang punya masalah sama denganku?

Jujur, urusan membuat dan mengisi jurnal keuangan itu bukan kesukaanku zaman sekolah. Wajar ya, kalau nilai pelajaran akutansi nggak pernah memuaskan, hiks. Rupanya, hal ini terbawa hingga sekarang.

Untungnya beberapa minggu lalu, seorang kawan mengenalkanku pada Akun Biz, aplikasi pencatat keuangan moderen.

“Coba deh mba pakai ini untuk mencatat keuangan, mudah kok.” kata kawan saya saat itu.

Saat itu saya hanya iya, iya aja. Belum sempat download aplikasinya. Tapi, kalau dipikir-pikir, mencatat keuangan pribadi itu banyak manfaatnya.

Menurut artikel yang saya baca, beberapa manfaat mencatat keuangan pribadi antara lain:

1. Pengeluaran lebih terkontrol
Dengan mencatat keuangan pribadi secara tertulis maka bisa menekan pengeluaran yang tak perlu. Jika mengandalkan ingatan, seringkali lupa. Sudah keluar berapa rupiah duitnya, suka nggak ingat. Tahu-tahu duit tinggal sedikit bahkan habis. Jika tercatat, kita akan bisa mengerem pengeluaran.

2. Keuangan pribadi jadi lebih terencana
Dengan mencatat, keuangan pribadi jadi lebih terencana. Setiap bulan kita bisa mengalokasikan uang untuk kewajiban, belanja maupun investasi. Ketika semuanya tercatat tentu besaran masing-masing post terlihat. Apakah lebih besar untuk belanja atau investasi? Merencanakan masa depan tentu lebih mudah jika semua pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan baik.

3. Bisa Lebih Hemat
Kalau tak tercatat, kita cenderung mudah mengeluarkan uang. Jika tercatat, kita akan berpikir ulang untuk mengeluarkan uang. Apalagi untuk sesuatu yang sifatnya nggak penting. Nah, mencatat keuangan pribadi bisa jadi jalan lebih hemat.

mencatat-keuangan-pribadi

Iya sih, tapi selama ini merasa ribet kalau mau mencatat keuangan pribadi. Mencatatnya tak lagi di buku sih. Dicatat di hape. Tapi, harus bikin kolom-kolom dulu. Selanjutnya mulai memasukkan data keuangan ke kolom-kolom yang tersedia. Swear, deh, kalau ada yang lebih praktis, saya mau pakai.

Nah, menurut kawan saya, mencatat keuangan pribadi maupun bisnis bisa lebih mudah dengan Akun Biz. Dia sudah pakai Akun Biz untuk mencatat keuangan pribadinya. Menurutnya,  terasa manfaatnya makanya berani merekomendasikan aplikasi pencatat keuangan ini.

Di acara KEB Intimate tempo hari, akhirnya download aplikasi ini karena pas ada presentasi dari Akun Biz. Sekalian belajar, gitu.

Mudahnya Mencatat Keuangan Pribadi Dengan Akun Biz

Akun Biz adalah aplikasi keuangan yang bisa dipakai untuk mencatat keuangan pribadi, bisnis maupun organisasi.

Kita bisa mencatat pemasukan, pengeluaran dan juga utang piutang.

Buku kas akun biz

Cara kerjanya seperti pencatatan keuangan yang diajarkan saat sekolah dulu, ada debit- kredit-saldo.

Oh ya, Akun Biz bisa diakses melalui web maupun aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore maupun Appstore.

Bagaimana Cara Mulai Menggunakan Akun Biz?

register akun biz

Setelah mengunduh aplikasinya, Akun Biz bisa langsung digunakan dengan cara mendaftar terlebih dahulu.

Kita diminta mengisi email beserta password, seperti biasanya ketika mendaftar suatu aplikasi. Sangat mudah bukan.

Jika sudah mendaftar, kita bisa langsung membuat buku kas. Nama buku kasnya bisa diisi suka-suka kita.

Saya sudah mencobanya. Proses mendaftar mudah, tidak dikenakan biaya alias gratis.

Saya juga sudah membuat buku kas, yang saya beri nama Uang Saya, qeqeqe.
Nah, setelah ada buku kas nya, tinggal dicatat tuh kalau ada pemasukan maupun pengeluaran.

mencatat keuangan pake akun biz

Tinggal klik tanda panah hijau untuk pemasukkan dan tanda panah merah untuk pengeluaran.

Keuntungan Mencatat Keuangan Menggunakan Akun Biz

1. Praktis, selama ini saya harus membuat kolom-kolom untuk membuat laporan keuangan. Dengan adanya Akun Biz maka saya nggak perlu repot lagi membuat lembar baru dan kolom baru.

2. Gratis, memang sih kalau versi gratis fiturnya terbatas tapi itu sudah cukup lho kalau untuk mencatat keuangan pribadi.

3. Mudah digunakan, kita tinggal input angka dan data aja. Semua diolah oleh aplikasi, jika ada pengurangan atau penambahan uang secara otomatis dihitung oleh aplikasi. Hal ini diakui juga oleh para pedagang sayur organik di Kampung Sayu, Mojosongo. Mereka telah menggunakan Akun Biz untuk mencatat pemasukkan dan pengeluaran usaha mereka.

4. Catatan Keuangan Aman Tersimpan. Jika mencatat dengan cara konvensional seperti mencatat keuangan di kertas, bisa saja hilang catatannya. Namun, di aplikasi Akun Biz, semua catatan aman.

5. Catatan keuangan Bisa Dicetak, barangkali dibutuhkan saat pengajuan pinjaman ataupun laporan keuangan organisasi maka data keuangan di Akun Biz bisa dicetak.

Oh ya, Akun Biz ini telah memiliki banyak prestasi, lho. Diantaranya :

– Pemenang pertama, Digital Financial Technology Category, Wirausaha Muda Mandiri 2016
– Accelerated by FbStart, From Facebook
– “Penyelamat Puluhan Ribu UMKM”, Penghargaan Alumni Berprestasi Universitas Sebelas Maret.

Wuih, keren ya!

Nah, itulah sekilas mengenai Akun Biz yang bisa saya sampaikan. Kira-kira, ada yang tertarik juga menggunakan Akun Biz untuk mencatat keuangan pribadi, bisnis maupun organisasinya?

10 Comments

  1. Dian Farida Ismyama February 15, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019
  2. Yustrini February 15, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019
  3. Nisya Rifiani February 16, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019
  4. Wiwin Pratiwanggini February 16, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019
  5. Elisabeth Murni February 18, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.