Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Health

Black Jam : Krim Untuk Mencegah Penuaan Dini

“Bunda, kalau dilihat, kulit bunda itu kering, trus ada beberapa flek hitam yang muncul” begitu ungkapan beauty advisor di sebuah klinik kecantikan tempat saya melakukan skin check beberapa waktu lalu.

Setibanya di rumah saya langsung mematut di cermin. Mengecek satu persatu bagian wajah. Mulai dari dahi, hidung, dagu dan pipi. Sesaat kemudian saya harus setuju dengan perkataan beauty advisor tadi.

Black jam krim wajah

Saat skin check beberapa waktu lalu Foto : Arinta Adiningtyas

Hm, kulit kering dan flek hitam kan merupakan tanda penuaan, ya. Duh, seketika ada rasa cemas melintas. Hahaha, padahal menua itu niscaya, ya. Tapi, namanya perempuan maunya awet muda.

Seorang teman menyarankan untuk memakai krim Black Jam Original Raw, krim wajah untuk mencegah penuaan dini. Tapi, saya baru mendengar nih tentang krim Black Jam Original Raw K-Link Indonesia. Jadilah saya harus mencari informasi lebih jauh tentang krim wajah untuk atasi kulit kering dan flek hitam.

Mengenal Black Jam Original Raw, Krim Untuk Mencegah Penuaan Dini

Saya pun penasaran dengan krim Black Jam, krim wajah yang diproduksi dengan teknologi Korea. Setelah membaca beberapa referensi, hasilnya saya tulis di sini. Siapa tahu ini bisa jadi solusi kulit kering dan penuaan dini.

Pelembab berbentuk gel ini, salah satu alasan layak direkomendasikan untuk digunakan karena terbuat dari bahan alami.

Bahan Alami Dalam Black Jam Original Raw

Kandungan Black Jam Original Raw terbuat dari 100 bahan alami dan halal. Bahan-bahan ini telah dikenal memiliki manfaat bagi kulit. Beberapa diantara bahan alami dalam Black Jam adalah

1. Buah-buahan

Ada berbagai macam buah-buahan digunakan sebagai formula krim wajah original raw black jam. Diantaranya buah berry, jeruk, markisa, pepaya, mangga, tomat chery, belimbing dan lainnya.

2. Bunga-bungaan

Bahan alami black jam lainnya adalah aneka ragam bunga. Diantaranya bunga mawar, kamboja, krisan, magnolia, white hazel dan lainnya.

3. Sayuran

Sayuran tak ketinggalan dipakai sebagai bahan alami black jam. Diantaranya brokoli, bayam, seledri, oyong dan aneka jamur yang aman.

4. Biji-bijian

Seperti beras, gandum, kedelai, oat, jagung dan lainnya.

5. Aneka ganggang, sarang burung, glaswort dan lainnya

Ganggang digunakan adalah ganggang merah, coklat dan aneka rumput laut.
Bahan-bahan alami tersebut kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kulit seperti melindungi dari sinar UV, meregenerasi kulit, melembabkan kulit, dan mencegah flek hitam.

Hm, saya jadi tertarik dengan khasiatnya krim wajah dari K-Link tersebutm

Nah, kalau kembali ngomongin soal penuaan dini, apakah teman-teman sudah mengalami tanda-tandanya?

Apa Saja Sih Tanda Penuaan Dini Itu?

Menua adalah proses alamiah. Tak bisa ditolak namun bisa diperlambat datangnya. Agar teman-teman tahu mengalami penuaan dini atau tidak, silahkan kenali tanda awal penuaan dini berikut ini:

1. Kulit kering

Kulit kering diawali dari kondisi kulit yang dehidrasi atau berkurang kelembabannya. Jika ini berlangsung terus menerus maka kulit akan mengalami kekeringan. Jadi penyebab kulit wajah kering ada dua. Yang pertama faktor alamiah yaitu bertambahnya usia, semakin tua jaringan lemak, kolagen serta kelembaban akan makin menurun. Efeknya kulit jadi kering dan kendur.

Penyebab Kulit Kering

a. Kurang minum

Minum air yang cukup

Tubuh kita memerlukan asupan air putih minimal 8 gelas sehari. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Jika asupan air putih kurang dari jumlah tersebut maka bisa jadi penyebab kulit wajah kering.

b. Udara dingin

Udara dingin baik karena berada di ketinggian maupun AC bisa membuat kulit wajah kering. Oleh sebab itu menggunakan pelembab itu penting.

c. Suhu panas

Kita selalu berpikir jika terlalu lama berada di bawah terik matahari akan bikin kulit menjadi kering. Air dalam tubuh menjadi mudah menguap. Itu betul tapi selain itu suhu panas dari kompor, oven, pemanas ruangan maupun mandi uap bisa menyebabkan kulit wajah kita kering.

d. Exfloliasi yang berlebihan

Exfloliasi atau pengelupasan memang dibutuhkan untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, harus hati-hati. Jika berlebihan bisa menghilangkan kelembaban kulit. Kulit wajah pun jadi kering.

Setelah melihat keempat penyebab kulit kering tersebut saya kemudian mengevaluasi diri. Poin mana yang saya lewatkan.

Untuk minum air putih, saya yakin sudah terpenuhi. Untuk udara kering saya juga tak kerap terpapar. Saya tinggal di daerah yang cuacanya tak dingin. Pun saya jarang banget berada di ruangan ber AC.

Untuk exfloliasi juga jarang saya lakukan. Paling seminggu sekali kalau pas rajin. Seringnya sih dua minggu sekali.

Nah, kalau poin terpapar suhu panas, rasanya ini turut jadi penyebab kulit wajah saya yang kering. Bukan paparan sinar matahari, sih. Namun paparan suhu panas oven gas.

Kulit wajah terpapar suhu panas oven

Tiap hari ya begini kerjaannya, manggang pizza

Bagi teman-teman yang rutin baca blog saya pasti tahu. Kalau selama dua tahunan ini saya menjalankan usaha bakery rumahan. Tiap hari saya dan suami masih mengerjakan proses produksi sendiri. Saya dan suami berbagi tugas. Nah, biasanya saya kebagian memanggang adonan roti.

Oven yang dipakai adalah oven gas ukuran besar. Jadi hawa panasnya memenuhi ruangan. Nggak hanya berkeringat, wajah juga terkena panas saat memasukkan dan mengeluarkan loyang berisi adonan. Huhuhu, pantes aja ya, saya merasakan perubahan nyata pada kulit wajah. Dulu berminyak sementara sekarang jadi kering.

Hal yang saya kawatirkan ketika kulit wajah kering tak teratasi maka akan berakibat pada penuaan dini.

Ibarat tanaman ketika kekurangan air maka akan kering. Jika dibiarkan terus bisa makin kering. Kulit wajah pun demikian. Makin lama elastisitas kulit makin menurun jika tak segera diatasi. Kulit wajah bakal kendur.

2. Flek Hitam

Flek hitam

Ada flek hitam di beberapa titik

Tanda penuaan dini selanjutnya adalah flek hitam. Flek hitam ini saya alami juga meskipun belum banyak tapi saya jadi lebih aware untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

3. Kerutan

Kelembaban kulit yang makin menurun membuat kulit berkerut. Lapisan kulit banyak yang kosong sehingga menyusut menjadi keriput.

Itulah tanda penuaan dini yang biasanya nampak di kulit wajah. Teman-teman tentu tidak ingin ya mengalami penuaan dini.

Berikut Ini Faktor Penyebab Penuaan Dini Yang Harus Dihindari

1. Sinar Matahari

Seperti diketahui sinar UV A dan UV B itu berbahaya untuk kulit. Jika terkena paparan UV A kulit bisa mengalami penuaan dini. Tandanya muncul kerutan dan flek hitam. Sementara sinar UB B menyebabkan kulit terbakar. Keduanya bisa merusak DNA kulit. Bahkan menjadi penyebab kanker kulit.

2. Stres

Sebuah rilis menyebutkan jika stres bisa meningkatkan adrenalin dan hormon kortisol yang menyebabkan penuaan pada kulit. Jika terjadi dalam jangka waktu lama maka regenerasi kulit terhambat. Kulit yang seharusnya tumbuh akan mati.

3. Kurang tidur

Sehari kita butuh tidur 8 jam sehari. Ingat, regenerasi kulit terjadi saat tidur. Di momen istirahat inilah hormon yang bekerja memperbaiki jaringan kulit tumbuh dan berkembang. Jika kurang tidur maka proses itu terhambat. Akhirnya muncullah lingkaran hitam di seputar mata. Sehingga wajah jadi nampak lebih tua.

4. Kurang nutrisi

buah dan sayuran kaya serat

Kulit seperti bagian tubuh yang lain juga butuh nutrisi yang cukup. Jika sehari-hari makan kita tak teratur. Sering mengonsumsi junk food. Bisa dipastikan asupan nutrisi tak mencukupi.

Bagaimana Cara Mencegah Penuaan Dini?

Dari beberapa sumber yang saya baca, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa memperlambat penuaan dini, diantaranya :

1. Memakai tabir surya

Pengaruh buruk sinar UV itu berbahaya. Untuk itu melindungi kulit wajah dengan tabir surya amat penting. Meskipun teman-teman tidak beraktivitas di luar rumah, tetap harus memakai tabir surya karena sinar UV bisa menembus kaca.

Untuk perlindungan maksimal, kenakan tabir surya minimal SPF 30. Oleskan pada wajah dan bagian tubuh yang tak tertutup, 20 menit sebelum beraktivitas.

Jangan lupa, ulangi pemakaian tabir surya tiap dua jam sekali. Namun jika terkena keringat atau air maka tak perlu menunggu hingga dua jam.

2. Pola Makan Seimbang

Pola makan seimbang awal dari kulit sehat. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang bagus untuk regenerasi kulit.

Kurangi makanan yang banyak mengandung gula maupun karbohidrat karena diyakini akan mempercepat proses penuaan.

3. Hindari Rokok dan Alkohol

Konsumsi alkohol akan membuat kulit dehidrasi. Lama kelamaan kulit akan muncul pembuluh kapiler di wajah. Kulit wajah jadi lekas tua.

Begitupun dengan rokok. Efek nikotin dan zat kimia lain sebagai radiikal bebas akan membuat kulit lebih cepat tua. Kulit pun nampak kusam.

4. Olahraga

Olahraga

Olahraga teratur akan memperlancar peredaran darah. Hal ini mempengaruhi kondisi tubuh termasuk kulit wajah. Efeknya kulit akan terlihat lebih segar dan bercahaya.

5. Hindari ekspresi wajah yang sama
Ekspresi wajah yang sama terus menerus akan membentuk garis permanen.

6. Bersihkan wajah dengan lembut

Sentuhan lembut dibutuhkan saat membersihkan wajah. Membersihkan kulit wajah wajah dengan cara menggosok bisa menyebabkan iritasi.

7. Memakai pelembab

Gunakan pelembab setiap hari agar kulit terjaga kelembabannya sepanjang hari. Pelembab bekerja mengunci air dan kelembaban sehingga kulit akan lembab, kenyal dan nampak muda.

Untuk masalah kulit yang saya alami, adakah pelembab yang bisa jadi solusi?

Jadi ingat tentang Black Jam, yang disarankan teman saya itu. Selain kandungannya yang alami. Ternyata krim wajah ini memiliki keunggulan lain.

Keunggulan Krim Black Jam Original Raw Untuk Mencegah dan Mengatasi Penuaan Dini

1. Melembabkan hingga 150 jam
Wah, lama juga ya dayanya dalam melembabkan kulit. Hal ini disebabkan krim Black Jam meresap hingga lapisan kulit terdalam

2. Water Block System
Original Raw Black Jam memiliki kemampuan seperti kantong air. Jadi kelembaban kulit menjadi terjaga. Apalagi kandungan bahan alaminya terbukti berkhasiat.

3. Anti aging
Krim wajah yang dibuat dengan teknologi Korea ini mampu menjaga elastisitas kulit wajah, mengurangi kerutan, mengencangkan dan mencerahkan serta mengurangi kemerahan akibat paparan sinar UV.

4. Memiliki efek filler
Mampu mengisi ruang kosong pada kulit sehingga dapat mengurangi kerutan.

5. Bebas bahan kimia berbahaya
Selain berbahan alami, krim wajah Black Jam bebas bahan kimia berbahaya. Seperti paraben, ethanol, benzophenone, benzyl alcohol, dan triethanolamine.

Cara Pemakaian Krim Black Jam

Tak perlu berlebihan untuk mendapatkan manfaat krim Black Jam Original Raw tersebut. Cukup ambil seujung jari dan oleskan pada seluruh wajah dan leher setelah dibersihkan dan diberi toner.

Untuk pemakaian malam hari disarankan memakai lebih banyak krim. Agar manfaat krim Black Jam lebih maksimal.

Menarik ya, sederet manfaat Black Jam Original Raw yang diinformasikan teman saya itu.

Jadi tertarik deh pengin nyoba Black Jam Original Raw untuk mengatasi kulit kering dan flek hitam di wajah saya.

Pengin tahu tentang krim wajah Black Jam, silahkan nonton video ini.

Jika teman-teman tertarik juga, bisa kunjungi IG @klink_indonesia_official. Untuk informasi lebih lengkap, seperti harga krim Black Jam teman-teman bisa berkunjung ke https://k-link.co.id

Barangkali ada yang sudah mantap ingin merasakan manfaat Black Jam untuk mencegah penuaan dini, bisa langsung belanja produknya di https://www.k-net.co.id , https://www.k-mart.co.id untuk harga Original Raw Black Jam tertera di sana, ya.

Semoga informasi yang saya sampaikan di atas bermanfaat dan bisa membantu teman-teman yang memiliki masalah penuaan dini.

Kalau ada yang berkenan sharing pengalaman, saya senang sekali. Ditunggu ya, teman-teman.

26 Comments

  1. nurulrahma September 26, 2019
  2. lianny hendrawati September 26, 2019
  3. diane September 26, 2019
  4. Wiwied Widya September 26, 2019
  5. Uniek Kaswarganti September 27, 2019
  6. Inna Riana September 27, 2019
  7. Sandra Nova September 27, 2019
    • Neti Suriana September 28, 2019
  8. tanti amelia September 27, 2019
  9. lendyagasshi September 27, 2019
  10. Nunung yuni September 28, 2019
  11. Hidayah Sulistyowati September 28, 2019
  12. Hanny Nursanty September 28, 2019
    • Lina W. Sasmita September 28, 2019
  13. Hanny Nursanty September 28, 2019
  14. Jiah September 28, 2019
  15. artha September 28, 2019
  16. Dedew September 28, 2019
  17. Cindy Vania September 28, 2019
  18. Echaimutenan September 28, 2019
  19. Utie adnu September 28, 2019
  20. Prima Hapsari September 29, 2019
  21. Rosanna Simanjuntak October 1, 2019
  22. Suciarti Wahyuningtyas October 1, 2019
  23. artha October 3, 2019
  24. Mirna Rahardjo October 3, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.