Blogging and Social Media

Buat Penggemar Sambal : Resep Sambal Paling Laris

 

Resep sambelJudul            : Resep Sambal Paling Laris

Penulis         : Tatit Ujiani dan Sri Rahayu

Penerbit       : Dunia Kreasi

Jml Halaman : 38

Sambal memang populer menjadi pelengkap hidangan. Dari mulai ikan dan ayam bakar atau goreng, soto, sop, sayur asem, aneka pindang ikan, pindang daging, ataupun pindang tulang, dan masih banyak hidangan lain yang menjadikan sambal sebagai pelengkapnya.

Sebagai penggemar sambal, saya suka membuat sambal tapi paling-paling sambal terasi, sambal bawang, dan sambal kecap. Wah, jika ada sambal walaupun lauk tempe goreng doang, bisa nambah tuh porsi makannya. Benar sekali jika dikatakan bahwa sambal itu bisa membangkitkan selera makan.

Ternyata ragam sambal yang ada di negeri kita ini banyak. Walaupun bahannya sama yaitu cabai, tapi paduan aneka bumbu lain dan cara membuatnya membuat citarasa sambal itu menjadi bervariasi. Nah, di buku berjudul “Resep Sambal Paling Laris” dikupas aneka resep sambal.

Dibuku ini terdapat 37 jenis sambal dengan bahan dasar cabai merah dan cabe rawit. Sementara bahan campurannya bervariasi ada apel malang, timun, belimbing wuluh, tomat, ikan asin klotok, oncom, kacang panjang, tongkol, daging, jamur tiram, kedondong, petai, terong, kenari, udang dan petis.

Sebagian sambal yang ada di buku ini memang sudah saya kenal tapi sebagian besar saya belum pernah mencobanya bahkan baru tahu tentang sambal itu. Diantaranya adalah sambal apel malang, sambal ini diberi campuran apel malang, gimana ya sensasi rasanya? penasaran, suatu hari saya akan coba sambal satu ini.

Saya pernah membuat sambal dengan campuran buah yaitu sambal nanas dan sambal embem (sejenis mangga, jika di Palembang disebut embem, entah kalau di daerah lain). Kedua sambal ini biasanya dihidangkan bersama pindang ikan patin dan pindang tulang. Dibuku ini selain apel malang, disajikan pula sambal dengan campuran buah kedondong, belimbing wuluh, dan ketimun.

Sambal klotok dan sambal jamur tiram adalah sambal yang baru saya kenal nih. Sedangkan sambal parado rasanya saya pernah memakannya waktu jamuan di rumah seorang kawan, tapi waktu itu saya tidak tahu nama sambalnya. Jika dilihat dari bahannya sih mirip sama sambal buatan kawan saya.

Wuih, melihat aneka sambal membuat saya jadi ingin mencoba aneka sambal tadi. Aih, harus dicoba satu-satu nih. Bagi penyuka sambal dan suka memasak, buku ini layak jadi panduan.

 

 

8 Comments

  1. hana sugiharti June 4, 2013
    • Ety Abdoel June 4, 2013
      • sri June 6, 2013
  2. Farhan June 30, 2013
    • Ety Abdoel June 30, 2013
  3. Uniek Kaswarganti July 15, 2013
    • Ety Abdoel July 15, 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.