Tips and Tutorial

CudaSign Menjawab Kebutuhan Akan Tanda Tangan Elektronik

CudaSign

Ada yang memiliki pengalaman harus memberikan tanda tangan dokumen yang dikirim lewat email?. Dulu, yang dilakukan pasti print dokumen, lalu tanda tangani dokumen tersebut dan kemudian scan dokumen yang telah ditandatangani lalu yang terakhir upload dan kirim dokumen ke email pengirim dokumen. Hadeh, panjang amat ya prosesnya. Di era paperless seperti saat ini, untungnya tidak lagi ribet seperti itu. Tinggal pakai CudaSign sebuah solusi bagi teman-teman untuk menandatangani dokumen dengan sistem elektronik.

Hihihi, saya membayangkan betapa repotnya jika harus menjalani proses di atas. Ditambah lagi printer di rumah sedang rusak, nggak bisa dipakai dan belum sempat di perbaiki. Mau nggak mau harus pergi ke rental komputer, untuk mencetak dokumen, tanda tangan, menscan, kemudian mengirim email. Tidak efisien banget baik dari sisi waktu maupun tenaga ya. Nah, kehadiran CudaSign memangkas semua proses tadi menjadi jauh lebih singkat, mudah dan aman.

CudaSign, merupakan sebuah software tanda tangan elektronik yang ditujukan bagi keperluan bisnis. Dua diantaranya adalah mengirimkan dokumen yang harus ditanda tangani, dan membuat tanda tangan elektronik. Dari sisi bisnis, hal ini terbukti lebih efisien. Sudah banyak perusahaan besar memakai CudaSign dalam bisnisnya, antara lain : Google, FedEx, Pepsi, StateFarm dan lain-lain.

Sekarang CudaSign juga hadir dalam versi mobile. Bisa di download aplikasinya di Playstore maupun Appstore. Kehadiran CudaSign versi mobile tentu akan lebih memudahkan ya, nggak perlu buka laptop cukup pakai hape, bisa tuh tanda tangan dokumen.

Cara kerja CudaSign itu sederhana. Ada 3 langkah yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan CudaSign dalam keperluan bisnis:

  1. Send, yaitu mengirim dokumen yang butuh ditanda tangani oleh klien. Caranya mudah, tinggal upload dokumen dimaksud dan tandai orang yang akan dimintai tanda tangan.
  2. Sign, dimana orang yang dimintai tanda tangan akan menerima email yang berisi link dokumen yang akan ditanda tangani. Si penerima tinggal masuk bisa melalui komputer, tablet maupun hape untuk bisa menandatangani dokumen tersebut.
  3. Manage, bisa memandu dokumen pada orang yang tepat, memastikan semua tanda tangan terkumpul dan ada pemberitahuan ketika semua dokumen telah lengkap.
image : CudaSign

image : CudaSign

Ya, gitu deh, jaman sudah berubah. Tidak lagi tergantung pada kertas ketika berurusan dengan berbagai macam dokumen. Kita bahkan bisa menyimpannya di cloud store, jadi darimana pun tempatnya, saya dan teman-teman bisa mengakses dokumennya. Keuntungan lainnya CudaSign terkoneksi dengan berbagai macam aplikasi jadi dokumen dimana pun disimpan bisa diakses dengan mudah.

Apakah ini aman dan tanda tangannya sah?. Tenang, keabsahan tanda tangan yang dilakukan melalui CudaSign dinyatakan sah karena cara kerjanya buka menciptakan tanda tangan teman-teman namun menstransfer tanda tangan asli melalui sistem elektronik.

Jika membutuhkan aplikasi ini, pertama tentu harus mendownload nya ke tablet ataupun hape. Buat saya CudaSign versi mobile lebih praktis. Jadi ini sudah terpasang di hape android saya. Eh, siapa tahu ada job lagi yang membutuhkan tanda tangan saya, aamiin.

Jika sudah download, cara mengoperasikannya juga mudah. Berikut ini langkah-langkah menggunakan CudaSign dari hape android:

  1. Langkah pertama tentu harus mendaftar terlebih dahulu dengan memilih paket solo atau corporate. Jika yang solo, free hingga 10 dokumen per bulan, sedangkan untuk corporate dikenakan biaya sebesar 1$ per bulannya. Jika sudah memilih, lanjutkan mengisi formulir yang minta. Isi data dengan benar dan lengkap kemudian klik daftar.
  2. Ada email konfirmasi yang harus diverifikasi terlebih dahulu. Klik link yang diberikan. Selanjutnya kita bisa menggunakan aplikasi CudaSign kapan pun dibutuhkan.
  3. Jika akan menandatangani dokumen, tinggal klik ikon + lalu akan muncul pilihan pengambilan dokumen. Jika dari email maka pilih import from email kemudian tap dokumen di email,pilih selesaikan aksi dengan CudaSign. Setelah itu dokumen dimaksud akan tampil.
  4. Tap bagian yang harus ditanda tangani kemudian muncul layar tempat tanda tangan. Bisa langsung tanda tangan di atas layar tersebut (draw signature) atau pilih ikon kamera untuk memotret tanda tangan yang kita miliki. Tinggal pilih saja mana yang mudah.
  5. Jika memilih draw signature, setelah tanda tangan selesai makan klik ok. Nah, tanda tangan akan terlihat di dokumen. Jika posisi dan besarnya belum pas, bisa diatur dengan men tap tanda tangan, bisa digeser ataupun diatur ukurannya.
  6. Jika memilih untuk memotret tanda tangan maka klik ikon kamera. Arahkan kamera pada tanda tangan yang akan dipotret, klik take picture, tunggu sampai tanda tangan muncul dibawahnya. Atur level kehitamannya. Jika sudah pas, klik accept signature. Tanda tangan muncul di dokumen dan tinggal diatur posisinya seperti langkah no.5.
  7. Langkah selanjutnya tambahkan text nama. Langkahnya sama tap tempat tangan tangan akan muncul layar kemudian pilih text. Tulis nama, sama seperti langkah sebelumnya jika posisi dan besarnya teks belum pas tinggal diatur saja.
  8. Sudah puas dengan tanda tangan yang dibuat?. Selanjutnya klik yes dan simpan dokumen dan jangan lupa diberi nama. Klik save dan selesai.

Yeaah, akhirnya sebuah tanda tangan elektronik selesai dibuat. Jangan lupa untuk mengirimkan dokumen yang telah ditanda tangani ke email pengirim ya.

jadilah

jadilah

Apa harus memakai CudaSign?. Hehehe, ya enggak juga sih. Tapi, menurut berita CudaSign ini banyak dipakai. Banyak penggunanya bahkan perusahaan-perusahaan besar dunia. Wajarlah jika kemudian menjadi The Highest rate pada tahun 2015. Kalau menurut saya CudaSign memang pantas dipercaya untuk urusan tanda tangan elektronik.

 http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

33 Comments

  1. Kopiah Putih March 7, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  2. kartina ika sari March 7, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  3. Arinta Adiningtyas March 7, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  4. Mugniar March 7, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  5. Ipeh Alena March 7, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  6. Anggi Agistia March 7, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  7. Anisa AE March 7, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  8. Aprillia Ekasari March 8, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  9. alwib March 8, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  10. Pakde Cholik March 9, 2016
    • Ety Abdoel March 10, 2016
  11. susanti dewi March 10, 2016
    • Ety Abdoel March 12, 2016
  12. D Sukmana Adi March 10, 2016
    • Ety Abdoel March 12, 2016
  13. Indah Nuria Savitri March 11, 2016
    • Ety Abdoel March 12, 2016
  14. katon sumargi March 12, 2016
    • Ety Abdoel March 12, 2016
  15. Oktavian Kasih March 13, 2016
    • Ety Abdoel March 13, 2016
  16. Fajar ro'is March 15, 2016
    • Ety Abdoel April 2, 2016
  17. 88h2 December 4, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.