Profile

Ingin Lancar Berbahasa Inggris? Contek Cara Sandrine Tungka, Indonesian Mom Blogger

sandrine tungka

Maksud hati ingin bisa berbahasa Inggris dengan lancar tapi kok ya males aja bawaannya kalau mau praktik. Padahal yang namanya keterampilan berbahasa itu kan bisa diperoleh dengan cara praktik secara terus menerus. Beruntung sih akhirnya kenal dengan Sandrine Tungka, seorang Indonesian Mom Blogger yang memiliki rubrik khusus berbahasa Inggris.

Sandrine Tungka, saya kenal namanya beberapa waktu lalu, saat itu saya tertarik untuk membaca tulisannya yang berjudul Menapaki Hari Baru di tahun 2016. Saya jadi tahu deh, perjalanan hidup Mba Sandrine selama tahun 2015 dan resolusinya untuk tahun 2016.

Mengenal Sandrine melalui tulisan-tulisannya, terlihat caranya menikmati hidup. Setiap perjalanan yang dilaluinya, rapi ditulis dalam setiap kategori. Pengalaman travellingnya ke beberapa negara, perjalanan pernikahannya, bahkan cerita bahagia dan haru biru saat menjadi ibu, semua diabadikannya dalam tulisan. Sepertinya Sandrine memang ingin menjadikan Sanwa Journeys sebagai jurnal kehidupan pribadinya.

sandrine tungka

berdua dengan suami

Salah satu hal yang menarik perhatian saya adalah tulisan-tulisan Sandrine dalam Bahasa Inggris. Beberapa diantaranya, sudah sempat saya baca. Jika diperhatikan, tema tulisan-tulisannya dalam Bahasa Inggris juga merupakan tema keseharian. Sandrine rajin menulis artikel dalam Bahasa Inggris karena tergabung dalam Blog English Club (BEC).

Wow, keren bangets. Berani menulis dalam Bahasa Inggris secara rutin dan lancar. Kemampuan yang suka bikin saya merasa mupeng. Ingin juga seperti Mba Sandrine lakukan bersama teman-temannya di BEC. Tapi sayang, kemampuan saya pas-pasan, ditambah lagi belum ada keberanian menulis dalam Bahasa Inggris.

Duh, berapa lama ya waktu yang dibutuhkan biar bisa seperti Mba Sandrine?. Kadang saya heran deh, belajar Bahasa Inggris sejak dulu kala kok kemampuan saya segini-gini aja, qeqeqe. Ya, iyalah, nggak pernah dipake gitu. Habis suka malu sih, vocabularynya itu-itu saja.

Nyadar sih, kalau saya ini masih malas untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari jadi ya wajarlah kalau kemampuan saya juga pas-pasan. Dari Sanwa Journeys ini saya mencoba mencatat beberapa hal, yang dilakukan Mba Sandrine yang ada kaitannya dengan Bahasa Inggris, antara lain :

  • Kursus Bahasa Inggris
  • Membaca buku berbahasa Inggris.
  • Mendengarkan lagu berbahasa Inggris.
  • Menulis berbahasa Inggris.
  • Bergabung dengan komunitas berbahasa Inggris.
  • Bergaul dengan orang-orang yang terbiasa berbicara dalam Bahasa Inggris

SanWa-PP-circle

Mungkin ada yang bilang, ya, itu kan karena dia sudah lancar Bahasa Inggrisnya!. Tunggu dulu, kalau saya perhatikan teman-teman saya yang kalau ngobrol pakai Bahasa Inggris itu cas,cis, cus, lancar, kayak laju kereta itu ya mereka-mereka yang dari dulu suka dengan aktifitas yang telah saya sebut di atas. Awalnya pastilah banyak salahnya tapi karena tekun, lama-lama, lancar jaya.

Sama sebenarnya seperti saya, awalnya banyak salahnya. Cuma bedanya, mereka terus belajar sementara saya nggak rajin belajarnya, qiqiqi. Jadi wajarlah ya, kalau hasilnya beda jauh.

Nah, buat teman-teman yang bernasib seperti saya dan punya keinginan bisa lancar ngomong dan nulis dalam Bahasa Inggris, bisa belajar dari Sandrine Tungka, seorang Indonesian Mom Blogger, penyuka travelling dan suka banget baca buku.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

61 Comments

  1. Arinta Adiningtyas March 20, 2016
  2. Euisry Noor March 21, 2016
    • Ety Abdoel March 22, 2016
  3. Ika Koentjoro March 22, 2016
    • Ety Abdoel March 22, 2016
  4. kania March 22, 2016
    • Ety Abdoel March 22, 2016
  5. Ika Puspitasari March 22, 2016
    • Ety Abdoel March 22, 2016
  6. momtraveler March 22, 2016
    • Helda March 22, 2016
      • Ety Abdoel March 23, 2016
    • Ety Abdoel March 23, 2016
  7. Turiscantik March 22, 2016
    • Ety Abdoel March 23, 2016
  8. rita asmaraningsih March 22, 2016
    • Ety Abdoel March 23, 2016
  9. Lidha Maul March 22, 2016
    • Lidha Maul March 22, 2016
      • Ety Abdoel March 23, 2016
    • Ety Abdoel March 23, 2016
  10. belalang cerewet March 22, 2016
    • Ety Abdoel March 23, 2016
  11. Molly March 22, 2016
    • Ety Abdoel March 23, 2016
  12. TITIS AYUNINGSIH March 23, 2016
    • Ety Abdoel March 23, 2016
  13. Nyi Penengah Dewanti March 23, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  14. ipeh alena March 23, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  15. Nia Haryanto March 23, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  16. Sri Luhur Syastari March 23, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  17. Efi March 23, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  18. Pesona mutia March 23, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  19. Lisdha March 24, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  20. Rotun DF March 24, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  21. Ria Rochma March 25, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  22. Atisatya Arifin March 27, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  23. deasy March 28, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  24. Elisamonic March 28, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  25. Mugniar March 29, 2016
    • Ety Abdoel March 30, 2016
  26. Asri Rahayu MS April 1, 2016
    • Ety Abdoel April 2, 2016
  27. yervi hesna April 1, 2016
    • Ety Abdoel April 2, 2016
  28. Sandrine April 4, 2016
    • Ety Abdoel April 5, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.