Food

Yeay, Akhirnya Bisa Nyobain Hot Plate Murah Untuk Sajikan Steak Ayam

Sudah lama saya ingin memasak steak ayam kesukaan anak-anak. Tapi, saat itu belum memiliki hot plate. Anak-anak memang punya permintaan kalau makan steak ayam di rumah, penginnya disajikan seperti di tempat makan steak favorit mereka. Alhamdulilah, rezeki itu datang di bulan Agustus ini. Ketemu dengan tempat jual hot plate murah.

Tapi, bulan Agustus ini adalah bulan yang padat aktifitas dan deadline tulisan. Ya, aktivitas sosial kemasyarakatan yang harus saya ikuti banyak. Sementara itu, tulisan yang harus diselesaikan membutuhkan effort yang besar. Niatan untuk memasak sendiri steak ayam belum bisa saya wujudkan.

Apalagi mendekati akhir bulan ini, saya harus mengikuti karantina menulis di luar kota. Melihat padatnya jadwal Writingthon yang bakal saya ikuti, maka kesehatan dan stamina saya jadi prioritas. Niat untuk memasak steak ayam memang belum bisa terwujud namun saya tetap bisa menyajikannya berkat hot plate murah yang saya miliki.

Ya, jadi saya beli steak ayam kesukaan anak-anak. Kemudian steak ayam tersebut disajikan di atas hot plate murah yang masih baru.

Hot plate murah kok bangga? Hehehe, kalau ada yang murah dan bagus kenapa enggak. Namanya juga emak pengin irit, yee kan.

Mengenal Hot Plate

Menikmati makanan yang disajikan di atas hot plate itu menyenangkan. Ya, karena makanan tetap hangat dan aroma sedapnya itu menguar kemana-mana. Siapa coba yang nggak tergugah selera makannya.

Itulah, salah satu alasan saya memiliki hot plate. Bisa menyajikan masakan yang menggugah selera makan.

hot plate murah

Hot plate si penghangat masakan umumnya terbuat dari logam yang di cor. Ya, bahan pembuat hot plate biasanya dari baja atau cast iron. Seperti diketahui baja memang salah satu jenis logam yang penggunaannya bervariasi.

Hot plate terdiri dari 3 bagian:

📍Tatakan/alas hot plate, berupa kayu dengan berbagai bentuk. Mengikuti bentuk hot platenya.
📍Hot plate, dipasaran bisa dijumpain hot plate dengan aneka bentuk.
📍Pengungkit atau alat untuk mengangkat hot plate ketika dipanaskan.

Cara menggunakan hot plate juga cukup mudah. Teman-teman, bisa memanaskan hot plate di atas kompor ataupun oven. Panaskan hingga di dapat suhu yang maksimal. Setelah itu, angkat hot plate dengan bantuan pengungkit dan letakkan di ataa tatakan kayu. Kemudian taruh masakan di atas hot plate.

steak-ayam-hot-plate

Oh, ya, jangan lupa, saat memegang pengungkit, alasi pengungkit dengan serbet supaya tangan kita tidak kepanasan.

Ingat, baja itu penghantar panas jadi pastikan tangan kita aman. Kecuali kalau teman-teman pengin uji ketahanan panas, silahkan aja, hehehe.

Selain harus tahu cara menggunakan hot plate, kita harus tahu bagaimana cara merawat hot plate. Iyalah, meskipun hot plate murah tetap harus dirawat dengan baik supaya awet.

Nah, karena hot plate itu terbuat dari baja maka ia rawan berkarat karena air, oksigen, asam, maupun oksidan kuat lainnya.

Agar terhindar dari karat, berikut ini cara merawat hot plate :

📍Guyur hot plate dengan air hangat guna menghilangkan noda minyak yang menempel.
📍Cuci hot plate dengan sabun dan spon lembut. Jangan pernah mencuci hot plate sabut kawat, ya karena bakal merusak hot plate.
📍Bilas dengan bersih agar tak ada lagi sisa sabun menempel di hot plate.
📍Setelah dicuci miringkan hot plate agar air tuntas, atau lap hingga kering. Kalau mau lebih kering, panaskan saja hot platenya.
📍Oleskan minyak untuk menghindari karat.
📍Simpan di suhu ruang dan jauhkan dari air.

Nggak ribet kan, ya. Meskipun ada beberapa step tapi mudah dilakukan.
Oh ya, kalau ngomongin jenis masakan yang bisa disajikan dengan hot plate, sebenarnya bervariasi. Masakan yang ditumis juga kerap disajikan dengan hot plate, contohnya tumis kangkung, cah jamur, kailan dan lain-lain. Kalau saya untuk kesempatan pertama ini menyajikan steak ayam karena sudah terlanjur janji sama anak-anak.

Pertama kali mencoba, saya cuci bersih dulu hot plate nya. Lalu saya panaskan di atas kompor hingga panasnya sesuai yang saya inginkan. Kemudian saya letakkan hot plate di tatakan kayu. Selanjutnya saya taruh steak ayam di atasnya. Taraaa, steak ayam hot plate siap dinikmati.

Setelah saya amati, hot plate milik saya meskipun harganya murah, kualitasnya oke. Masakan tetap hangat sesuai ekspektasi. Kek, di resto gitu.

Hot Plate Murah Dari Batur Creative Logam

Kok bisa dapat hot plate murah? Jangan-jangan kualitasnya nggak bagus, nih. Eits, tunggu dulu.

hot plate murah dan bagus

Jadi begini, saya dapat hot plate murah ini dari Creative Batur Logam. Harganya murah, karena diambil langsung dari pabriknya. Jadi, masuk akal kan, kalau harga murah.

Creative Batur Logam adalah produsen hot plate murah yang terletak di desa Batur, Ceper, Kabupaten Klaten. Seperti diketahui wilayah itu merupakan sentra industri logam. Jadi, kalau bicara soal kualitas, Insyaalloh bagus.

Batur Creative Logam menyediakan hot plate dengan berbagai bentuk. Saat ini, ada beberapa bentuk yang ditawarkan seperti bentuk ayam, sapi, oval, dan beberapa bentuk yang lain. Teman-teman bisa pilih sesuai dengan selera masing-masing.

Selain murah, beli hot plate di Creative Batur Logam itu bisa kustom. Disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Misalnya ada yang menghendaki nama resto nya dicetak di hot plate nya. Ini bisa dilayani.

Cuma itu? Enggaklah, kalau mau kustom dalam versi yang lain silahkan ditanyakan saja ke akun media sosialnya.

Nah, hari ini saya sudah mencoba hot plate murah dari Creative Batur Logam. Sesuai lah, kayak sajian di resto steak. Adakah yang tertarik untuk membeli hot plate? Silahkan, cek IG Creative Batur Logam, ya.

13 Comments

  1. Dhanang Sukmana Adi August 30, 2018
    • Ety Abdoel September 12, 2018
  2. Hastira September 7, 2018
    • Ety Abdoel September 12, 2018
  3. Mugniar September 7, 2018
    • Ety Abdoel September 12, 2018
  4. Lidha Maul September 7, 2018
    • Ety Abdoel September 12, 2018
  5. kania September 7, 2018
    • Ety Abdoel September 12, 2018
  6. muti mimut September 7, 2018
    • Ety Abdoel September 12, 2018
  7. Ipeh Alena September 7, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.