Event

KEB Intimate : Gathering Komunitas Perempuan Di Solo Raya

“When women support each other, incredable things happen”

Yup, benar sekali. Saya sudah membuktikannya. Terselenggaranya event KEB Intimate merupakan bukti bahwa kutipan di atas benar adanya.

Sedikit cerita ke belakang bahwa, ide penyelenggaraan KEB Intimate ada sejak bulan November 2018. Rencananya, saat itu bakal digelar dalam rangka menyambut Hari Ibu. Namun, setelah mempertimbangkan waktu persiapan yang mepet dan juga libur sekolah, natal dan tahun baru maka rencana kemudian diundur bulan Januari 2019. Kami mengambil momen saat ulangtahun Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) yang ke 7.

Oh ya, dibulan November 2018 tepatnya tanggal 4, kepengurusan KEB Chapter Solo disahkan dengan menetapkan saya sebagai Ketuanya. Setelah ada kepengurusan agenda selanjutnya tentu saja merancang program kerja selama 2 tahun. Sesuai dengan masa kepengurusan KEB Chapter Solo. Program pertama yang mengemuka adalah KEB Intimate.

Ada beberapa alasan KEB Intimate dipilih sebagai program pertama kami. Alasan pertama, setelah dua tahun KEB Solo aktif dengan Arisan Ilmu. Sudah saatnya kami membuka diri. Membuat program yang bisa diikuti oleh perempuan di luar anggota.

Kedua, sehubungan dengan ulangtahun KEB ke 7 yang mengambil tema KEBersinergi maka tepat jika KEB Intimate diadakan mengundang komunitas perempuan Se Solo. Tujuannya agar sesama komunitas perempuan bisa saling mengenal dan harapannya ke depan bisa bersinergi.

Program KEB Intimate ini memang telah diselenggarakan di Jakarta dan Semarang. Tahun ini giliran Solo yang menjadi penyelenggara.

Alasan ketiga ada kaitannya dengan kutipan di awal tulisan ini, ketika para perempuan saling mendukung satu sama lain maka, hal – hal besar bisa terjadi. Tentu saja dalam makna yang positif. Tinggi banget sih bu, harapannya. Namanya harapan mah harus tinggi ye, kan.

Persiapan Pelaksanaan Event KEB Intimate Solo

Berapa lama persiapan yang dimiliki KEB Chapter Solo untuk mewujudkan KEB Intimate? Waktu efektif tidak ada dua bulan. Ya, setelah kepanitiaan terbentuk yang diketuai Mba Hana Aina, panitia segera bergerak. Itupun hanya 1 kali meeting sebelum masa liburan akhir tahun.

Selebihnya komunikasi maupun koordinasi dilakukan via grup WA. Lancar ya? Tentu saja tak selancar jalan tol. Setelah mendapat satu sponsor utama yaitu Wardah, kami optimis bahwa KEB Intimate Solo akan lancar. Namun, perkara tempat event justru baru fix 2 minggu sebelum hari H.

Kebayang kan betapa deg-degan hati para panitia apalagi pengurus. Tapi, Alloh Maha Baik, akhirnya berjodoh juga dengan Best Western Premier Solo Baru. Setelah ini, nggak hanya kepastian tempat yang bikin kami makin optimis bahwa event KEB Intimate Solo bakal terlaksana sesuai rencana.

Satu persatu sponsorship datang menyatakan berminat untuk mendukung acara ini. Apalagi yang bisa kami ungkapkan selain rasa syukur yang tak terhingga. Persiapan pun terus dikebut. Undangan segera dikirim ke 9 komunitas yang ada list kami. Pamflet segera dinaikkan ke semua media sosial.

Rapat koordinasi kedua menjadi rapat terakhir. Segala printilan dibahas, job deskripsi masing-masing orang dibagi. Tak lupa gladi bersih pun ditetapkan H-1. Rasanya gimana? Campur aduk, meski begitu kami selalu saling mendukung dan mengingatkan supaya cukup istirahat.

The Day KEB Intimate Solo

Meskipun persiapan udah cukup matang tapi hari H ada saja kejutan yang muncul. Hahaha, tapi akhirnya bisa ditangani dengan baik.

Saya bersyukur dan bahagia banget karena ke 9 komunitas perempuan yang diundang semua mengirimkan wakilnya. Ada Kompakers Solo, IIDN Solo, AIMI, Cheerfull Mother Club, Solo Mendekor, Rajuters, Kreasi Karya Kita, Expert Women dan IIP Solo. Ini artinya, tujuan awal tercapai. Yeaaay, alhamdulillah.

Acara utama dari KEB Intimate Solo adalah perkenalan antar komunitas dan dilanjutkan dengan talkshow dengan tema self development oleh Indah Ederra founder dari Ederraid, fashionpreneur muda dari Jogjakarta.

Mba Ananda dari Komunitas Solo Mendekor
Foto: Ranny Afandi

Indah Ederra menuturkan bahwa setiap wanita memiliki kesempatan untuk bisa mengembangkan diri dibidang apa saja. Namun perlu diingat keseimbangan peran sebagai istri, ibu, anak, diri sendiri dan lingkungan sosial. Keseimbangan ini awal kesuksesan langkah seorang wanita.

Namun untuk mencapai level itu memang dibutuhkan upaya. Apalagi perempuan kadang memiliki hambatan dari dalam berupa rasa insecure. Menurut Indah, ini harus diselesaikan dahulu.

Sebagai perempuan kita juga perlu mandiri secara finansial. Memang soal ini bisa beda persepsi tapi bagi saya sih, setuju dengan alasan yang berbeda. Hal positif yang bisa dicontoh dari sosok pengusaha muda ini adalah masih sempat memasak untuk anak-anak dan suami. Masih pula menyempatkan me time bareng suami. Semua dilakukan demi keseimbangan peran.

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, seorang perempuan bisa memanfaatkan media sosial untuk berbisnis ataupun mengembangkan diri. Namun harus paham mengenai ilmunya. Ia juga menekankan bahwa saat ini, kolaborasi menjadi hal yang penting bahkan menggeser persaingan. Jadi, jika kemudian KEB Intimate mengumpulkan perempuan hebat dari berbagai komunitas, ini merupakan bagian dari membangun kolaborasi.

Acara talkshow berjalan seru dengan banyak pertanyaan mengemuka. Banyak games dan hadiah dibagi dalam acara tempo hari telah menambah semarak jalannya acara secara keseluruhan.

Foto :Ranny Afandi

Foto: Ranny Afandi

Pemenang beauty class

Tak hanya itu peserta juga mengikuti beauty class yang diselenggarakan oleh Wardah dengan mengambil tema makep sehari-hari. Peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktikkan dengan menggunakan perangkat make up yang disediakan oleh Wardah.

Selain belajar dandan, peserta KEB Intimate Solo juga belajar mengelola keuangan dengan aplikasi Akun Biz. Aplikasi ini akan membantu kita dalam mengatur keuangan agar tak besar pasak daripada tiang. Tuh, kan komplit ilmunya. Nggak hanya membekali perempuan agar berkembang skill nya tapi juga bisa cerdas finansial.

Selain itu saya mengapresiasi kerja kedua MC Mak Ana Ike dan Mak Sara Neyrhiza yang mampu membuat suasana hidup dengan berbagai kelucuan dan atraksi yang mengundang tawa.

Tak ketinggalan acara pemotongan cake pudding sebagai simbol perayaan ulang tahun ke 7 KEB. Alhamdulillah pada kesempatan ini hadir Mak Indah Julianti Sibarani Co Founder dari KEB sekaligus sesepuh KEB dan Mak Sumarti Saelan sebagai Ketua KEB.

Dan yang bikin tambah berkesan itu ruangan Skyline lantai 21 Best Western Premier Solo Baru lapang, nyaman dan adem. Alhamdulillah lapang jadi anak-anak kami bisa leluasa bermain kesana kemari. Nyaman karena adem jadi seharian di sana betah aja. Padahal itu ruangan hampir paling atas lho di Best Western Premier Solo Baru tapi AC nya maksimal.

Foto : Ranny Afandi

 

Foto:Ranny Afandi

Selain itu suguhan saat coffee break gak hanya enak-enak, mengenyangkan tapi juga melimpah beud. Saya sampai terheran-heran lho, serius sebanyak ini. Swear, saya yang dari rumah belum sempat sarapan, merasa senang bisa disuguhi sandwich, kaki naga, lumpia, mini cake, ekado dan sama apa lagi ya. Sampai lupa saking banyak macamnya.

Oh, ya Best Western Premier Solo Baru ini merupakan hotel bintang 5 yang letaknya strategis karena dekat dengan 2 mall besar di Sukoharjo. Fasilitasnya komplit, ada resto, kolam renang, meeting room dengan berbagai tipe, lobi yang lega bikin mengantri saat check in bisa tetap nyaman. Trus nih, lift yang tersedia banyak, ini sungguh memperlancar mobilitas tamu.

Secara keseluruhan acara lancar dan sesuai rencana. Kami juga mendapatkan feedback positif mengenai KEB Intimate Solo dari para perwakilan komunitas perempuan yang hadir. Semoga akan ada sinergi dalam karya diantara kami.

15 Comments

  1. Noer Ima Kaltsum January 31, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019
  2. Bella Zadithya January 31, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019
  3. Arinta Adiningtyas February 3, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019
  4. Irin February 3, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019
  5. D Sukmana Adi February 12, 2019
    • Ety Abdoel March 8, 2019
  6. Dita February 28, 2019
    • Ety Abdoel March 3, 2019
  7. Elliza Efina May 17, 2019
  8. tuty yulianingsih September 12, 2019
    • Ety Abdoel September 12, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.