Parenting Tips

Kursus Bahasa Inggris Online di Novakid, Anak Senang Ibu pun Nyaman

“Apa kabar ibu-ibu selama anak-anak sekolah daring? “

“Apakah ibu jadi bertanduk? Ups! “

Dua tahun sudah, anak-anak melakukan school from home. Tiap hari pembelajaran sekolah berlangsung tatap muka via layar monitor PC maupun hape. 

Sepanjang dua tahun ini, saya kerap menyaksikan anak-anak mengalami burn out. Coba bayangkan, tiap hari harus menghadap layar selama beberapa jam. Mendengarkan penjelasan guru dengan koneksi yang kadang putus nyambung. Hal seperti ini bikin anak-anak susah memahami pelajaran. Ujung-ujungnya pusing sendiri. 

Beban ibu juga bertambah kan, selama pandemi ini.Biasanya, anak-anak seharian di sekolah belajar dengan gurunya. Sekarang sehari-hari belajar di rumah dengan ibunya. 

Harus diakui, pembelajaran online tidak selalu efektif. Tidak semua guru bersedia membuat video atau menjelaskan materi pelajaran. Sebagian lebih memilih memberikan materi tertulis dan memberi tugas. 

Padahal tidak semua anak itu bisa langsung memahami pelajaran dengan membaca. Sebagian anak lebih mudah memahami materi ketika mendengarkan penjelasan dari guru. Di sinilah peran ibu bertambah. Menjadi guru mapel untuk anak-anaknya. 

Iya sih, ibu memang guru pertama buat anak-anaknya. Tapi, kan tidak semua ibu menguasai mata pelajaran anak-anaknya. Contohnya saja saya, untuk mapel Matematika, cukup memusingkan buat saya. Apalagi, kerap kali, cara pemecahan soal matematika zaman saya sekolah dengan mapel anak-anak berbeda. 

Alhasil, saya harus ikut belajar dong biar bisa mendampingi anak-anak belajar. Serius, ini ibunya jadi ikut sekolah lagi. Padahal sehari-hari, aktivitas sudah bejibun. Dari urusan pekerjaan rumah, menjalankan bisnis kuliner, menjalankan peran sebagai istri, itu sudah menyita waktu dan tenaga. 

Ibu butuh me time agar mood terjaga

Ditambah lagi harus menghadapi anak-anak yang mengalami kebosanan. Tidak pernah keluar rumah, tidak pernah bertemu teman-temannya. Ini PR banget, soalnya membiarkan mereka main kesana kemari saat pandemi beresiko, kan. Jadi harus menciptakan suasana menyenangkan di rumah. Baik saat belajar maupun saat ada waktu luang. 

Untuk urusan belajar, anak-anak bisa aja sih ikut les privat. Tapi, kemudian mikir lagi karena masih membatasi mobilitas demi kesehatan. 

So, kursus online kemudian jadi alternatif, nih. Ya, karena menurut saya dengan ikut kursus online anak-anak belajar dari guru yang memang menguasai materi. Di sisi lain saya bisa istirahat sejenak. Menikmati waktu luang dengan melakukan hal yang saya suka. Seperti membaca ataupun memotret makanan. 

Tapi, sempat juga kepikiran, kalau harus secara online lagi, apa anak-anak, tidak tambah burn out, ya? 

Akhirnya, ada teman yang kasih tahu info tentang kursus Bahasa Inggris online yang menyenangkan, Novakid namanya. Kursus ini ditujukan bagi anak-anak usia 4-12 tahun. 

Kenapa harus Bahasa Inggris? Ya, kalau ini mah tidak perlu didebat, ya. Semua tahu, kemampuan berbahasa Inggris itu penting, untuk masa depan anak-anak. 

Novakid Kursus Bahasa Inggris Online Berbasiskan Permainan, Menyenangkan dan Fleksibel

Adakah yang merasakan, untuk lancar Berbahasa Inggris, pelajaran di sekolah tidaklah cukup? Jadi, harus ditambah dengan kursus. 

Itu sih yang saya rasakan berdasarkan pengalaman. Bisa jadi hal itu disebabkan karena pelajaran Bahasa Inggris di sekolah lebih menekankan pada tata bahasa. Sementara untuk praktik berbicara tidak ada porsi yang cukup. 

Jadi, ya gitu deh, bertahun-tahun belajar Bahasa Inggris, kemampuan practical nya tidak mumpuni. Biasanya, mereka yang kemampuan speaking nya bagus memang harus ditunjang dengan belajar mandiri via kursus. 

Namun, melihat kondisi pandemi dengan PPKM yang terus diperpanjang, kursus Bahasa Inggris online adalah pilihan bijak. Tentu harus mencari kursus Bahasa Inggris online yang bagus. 

Keunggulan Novakid, Kursus Bahasa Inggris Online

  1. Menggunakan metode TPR (Total Physical Response) 

TPR adalah sebuah metode pengajaran bahasa yang mengkoordinasi antara ujaran dan gerakan.  Jadi, guru akan memberikan perintah kepada siswa, kemudian siswa meresponnya dengan gerakan tubuh. 

Kursus Bahasa Inggris nline dengan metode TPR

Metode ini umum digunakan dalam pengajaran bahasa asing kepada anak-anak. TPR ini dikembangkan oleh seorang profesor psikologi, James Asher, dari San Jose University, California. 

Tentu, dengan TPR belajar menjadi menyenangkan karena tidak hanya fokus pada mendengarkan dan berbicara tapi juga dengan bergerak. Anak-anak pasti akan suka karena tidak monoton. 

  1. Syllabus variatif

Belajar di Novakid anak-anak akan melakukan berbagai aktivitas belajar yang menyenangkan. Ada kegiatan melukis, bernyanyi, bermain, mengerjakan tugas dengan papan interaktif, jadwal digital, dan jalan-jalan menggunakan metode VR (virtual reality). 

Jika melihat syllabus tersebut, memang aktivitas yang disukai anak-anak sih. Pantas saja, jika anak-anak bakal senang belajar bahasa Inggris di Novakid.

  1. Guru di Novakid adalah Penutur Asli

Ini, salah satu kelebihan Novakid, di mana guru-gurunya adalah penutur asli atau native speaker dengan kualifikasi pendidikan diploma dan memiliki sertifikasi internasional seperti TESOL, TEFL, CELTA, TKT dan lainnya. Mereka juga telah memiliki pengalaman mengajar minimal 2 tahun.

Wah, dengan kualitas pengajar yang bagus, jadi nggak ragu lagi ya, belajar Bahasa Inggris di Novakid. 

  1. Anak didorong untuk berbicara dalam Bahasa Inggris

Selama di kelas, guru dan siswa selalu menggunakan Bahasa Inggris, jika bisa menjawab pertanyaan dengan benar, siswa akan mendapatkan bintang sebagai apresiasi. 

Menariknya lagi, meskipun ada PR tapi siswa diberi keleluasaan untuk memilih PR yang disukai. Nah, anak-anak tentu dengan sukacita mengerjakan PR tersebut. Tidak pakai drama malas-malasan mengerjakan PR, kan jadinya. 

Ada sertifikat yang diberikan di tiap jenjang kelas, sebagai wujud apresiasi pada siswa yang telah menyelesaikan pembelajaran. 

  1. Waktu belajar fleksibel

Anak-anak kan moodnya suka nggak bisa ditebak, ya. Kalau lagi badmood, disuruh apa aja biasanya menolak apalagi disuruh belajar. Nah, dengan waktu belajar yang bisa dipilih sendiri maka memudahkan banget bagi anak maupun ibu. 

  1. Durasi belajar optimal

Namanya anak-anak, kalau disuruh belajar dalam jangka waktu lama tentu bakal bosan. Nah, belajar Bahasa Inggris di Novakid durasi tiap sesi hanya 25 menit. Hal ini sudah didasarkan oleh banyak riset, yang menyebutkan durasi optimal belajar anak-anak selama 25 menit. 

Namun, jika anak sanggup belajar lebih lama, maka dibolehkan untuk mengambil dua kelas. 

Asyiknya lagi, setiap pembelajaran selalu direkam, nih. Jadi, bisa diulang sewaktu-waktu jika anak membutuhkannya. 

Dengan sederet keunggulan tersebut, Novakid ini pantas dipercaya oleh 70.000 orangtua di 30 negara, antara lain Malaysia, Jepang, Brazil, Argentina dan negara lainnya. 

Anak Senang Belajar Bahasa Inggris, Ibu Nyaman Dengan Me Time

Bisa me time itu rezeki. Setuju? Kalau saya sih, iyes. 

Saya pernah mengalami masa-masa di mana saya mengabaikan me time. Bagaimana kondisi saya saat itu? Kelelahan yang bertumpuk, pada akhirnya berpengaruh ke emosi yang tidak stabil. Semua dilakukan demi disebut sebagai ibu yang baik. Ibu yang selalu menomorsatukan keluarga. 

Ternyata, jadi tidak seimbang, karena seharusnya sebagai ibu saya mengambil jeda. Agar saya bisa melepas penat, emosi saya terjaga dan pada akhirnya orang di sekeliling saya seperti suami dan anak-anak akan menerima dampak positifnya. Yup, ketika me time dilakukan sesuai porsi, ini akan menyehatkan secara jiwa dan raga. 

Nah, dengan anak saya, ikut kursus Bahasa Inggris online di Novakid, otomatis saya jadi memiliki waktu me time selama 25 menit. Saya biasa pakai untuk sekedar melanjutkan membaca buku, memotret makanan ataupun sesederhana minum teh. 

Bagi teman-teman yang sedang bingung pilih kursus Bahasa Inggris online untuk anaknya, bisa nih, pilih Novakid. 

Berikut ini pengalaman anak saya, Zahira, selama mengikuti kelas di Novakid.

Selama bulan September, Novakid  menawarkan  promo menarik khusus untuk pengguna baru, nih.

Cara mendapatkan promo tersebut sangat mudah. Teman-teman silahkan mendaftar di https://cutt.ly/KEBxNovakid 

Kemudian silahkan pilih trial subscription, teman-teman akan mendapatkan harga promo Rp327,000 mendapatkan 4 kelas. 

Teman-teman bisa gunakan kode 25MENUTESSEP saat checkout dan dapatkan 1 extra class. 

Yuk, daftar sekarang, Kode promo hanya berlaku sampai  30 September 2021.

Semoga informasi yang saya sampaikan mengenai kursus Bahasa Inggris online untuk anak, bermanfaat buat teman-teman semua. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait program promo Novakid silahkan DM ke Instagram @novakid_id ya. 

Salam

25 Comments

  1. Suciarti Wahyuningtyas September 22, 2021
  2. Arinta Adiningtyas September 23, 2021
  3. Nurul Sufitri September 23, 2021
  4. Okti September 23, 2021
  5. nchie hanie September 23, 2021
  6. Farida Pane September 24, 2021
  7. https://www.fitrian.net September 24, 2021
  8. Mpo Ratne September 25, 2021
  9. nurulrahma September 25, 2021
  10. Mia Yunita September 25, 2021
  11. Sri Widiyastuti September 25, 2021
  12. @hm_zwan September 25, 2021
  13. Rach Alida September 25, 2021
  14. lendyagassi September 25, 2021
  15. Wiwied Widya September 25, 2021
  16. Afifah Haq September 25, 2021
  17. Utie adnu September 25, 2021
  18. Milda Ini September 25, 2021
  19. Herva Yulyanti September 25, 2021
  20. echaimutenan September 25, 2021
  21. Lina W. Sasmita September 25, 2021
  22. Hidayah Sulistyowati September 25, 2021
  23. Eni Martini September 26, 2021
  24. Damar Aisyah September 27, 2021
  25. Witri Prasetyo Aji September 30, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.