Profile

Ngintip Cara Merawat Buku, Ala Ipeh Alena, Blogger Bekasi yang Book Addict

 photo Ngintip Cara Merawat Buku.jpg

Ngintip Cara Merawat Buku Ala Ipeh Alena, Blogger Bekasi yang Book Addict. Sengaja banget ambil topik ini buat diobrolin sama Mba Ipeh Alena, Blogger Bekasi yang addict banget sama buku. Seberapa addict?, nanti deh dilihat aja sendiri dari obrolan saya. Nah, sebagai book addict tentu koleksi bukunya kan banyak ya. Saya merasa perlu nih ngintip cara Mba Ipeh, merawat buku-bukunya agar awet.

Kembali tentang alasan ngobrolin cara merawat buku, tak lain karena koleksi buku-buku bacaan di rumah mulai banyak. Rak kecil yang ada sudah tak sanggup lagi menampungnya. Belum lagi karena keteledoran saya, beberapa buku rusak dimakan rayap. Haduuuuh, di sini saya merasa sedih. Kenapa saya membiarkan buku-buku itu tetap dalam kardus sehingga malah rusak.

Ceritanya, gara-gara pindah-pindah melulu, jadi lama-lama males bongkar buku yang dipacking di kardus. Padahal kata Mba Ipeh nih, itu cara yang salah. Mengapa? Nanti deh, dibahas lebih lanjut. Sekarang, ngomongin Mba Ipeh Alena dan hobinya membaca buku dan  menonton film. Hobi yang membuatnya kemudian dikenal sebagai book and movie reviewer dikalangan blogger.

Melihat kegemarannya membaca buku bahkan koleksi buku-bukunya tergolong berat, ada yang membuat saya penasaran, nih. Yaitu, sejak kapan sebenarnya Mba Ipeh suka membaca buku dan menonton film?. Kalau melihat jawabannya sih, ini seperti konfirmasi terhadap apa yang dikatakan Anies Baswedan tentang menumbuhkan minat baca dan apa yang dilakukan oleh Najwa Shihab sehingga ia hobi membaca.

Ternyata Mba Ipeh ini sudah biasa membaca sejak kecil, bahkan sebelum masuk SD. Bacaanya saat itu adalah bacaan sejuta umat yaitu majalah Bobo. Awalnya sih ini karena paksaan dari ibu, yang mewajibkan anaknya harus bisa membaca sebelum masuk SD. Berawal dari paksaan justru Mba Ipeh kemudian justru kecanduan membaca buku.

Baca juga Ingin Anak Gemar Membaca? 5 Langkah ini Bisa Dilakukan Orangtua

 photo ipeh-alena-31.jpg

foto milik Ipeh Alena

Jika bicara film, perempuan yang lahir di Bekasi ini mendapat pengaruh pula dari Sang Ibu, yang amat menggemari film-film box office tahun 1990 yang tayang di RCTI, semacam film Ramboo dan film-film yang dibintangi Chuck Noris, Robin Williams dan lainnya. Jadi, boleh dibilang hobinya saat ini yaitu membaca buku dan menonton film itu adalah pengaruh dari Ibunya.

Penggemar karya-karya Fuad Hasan ini memiliki target membaca sebulan satu buku. Kok sama, kayak saya?. Nampak sama tapi tetap beda, karena target Mba Ipeh itu, satu buku dengan ketebalan minimal 500 halaman. Dicatet nih, minimal lho!. Gludak aja saya, saya sebulan satu buku ketebalannya rata-rata 200 halaman doang, qeqeqe.

Wajar sih, karena Mba Ipeh Alena ini memang suka banget sama karya-karyanya Stephen King. Hm, ini termasuk buku dengan ketebalan di atas 500 halaman. Jadi kalau dianalisa, cieh-cieh!. Eh, serius ini, menurut Pak Anies Baswedan, daya bacanya Mba Ipeh ini keren, karena sanggup membaca buku-buku dengan ketebalan di atas 500 halaman.

Terus untuk film, saat ini prioritas perempuan penggemar segala macam mie ini adalah film-film jadul yang ingin direview di blognya. Kalau begitu AADC 2 seperti tidak ada dalam list nih Mba Ipeh?. Hm, nggak kekinian nih, Mba Ipeh! Qeqeqe.

Sebagai seorang yang book addict, Mba Ipeh punya tiga pertimbangan dalam membeli buku. Yang pertama, judul dan penulisnya, kedua covernya, yang ketiga baru harganya. Wah, ini mencerminkan banget kalau cinta sama buku. Mba Ipeh tak menyangkal kalau harga buku sekarang itu mahal-mahal jadi ya, harga masuk pertimbangan juga. Iya lah Mba Ipeh, kalau bukunya tebal macam tadi. pastilah harganya mahal.

Sebetulnya nih, saya penasaran banget sama jumlah buku yang dimiliki oleh Mba Ipeh ini. Ada berapa banyak sih Mba?. Sayangnya, nih, Mba Ipeh, nggak tahu persis jumlah bukunya berapa. Beud, ini pasti saking banyaknya ya, Mba?. Dengan sedikit rayuan, Mba Ipeh akhirnya mau menunjukkan foto-foto sebagian buku yang milikinya.

 photo buku_buku_ipeh_alena1.jpg

foto milik Ipeh Alena

Nah, koleksi buku sebanyak itu, bagaimana cara merawatnya ya?. Sayang banget kan, kalau akhirnya harus rusak dimakan rayap, seperti buku-buku yang saya miliki. Ya, walaupun menurut pengakuan Mba Ipeh ini, belum bisa menyayangi buku sebesar kasih sayang bunda, tsaah, apaan sih, Peh?. Namun, nggak ada salahnya kita intipin yuk, cara merawat buku ala Ipeh Alena:

  1. Kalau bisa buku jangan ditumpuk. Jika terpaksa harus ditumpuk, maksimal 6 buku saja, nggak boleh lebih.
  2. Jangan meletakkan buku di tempat yang lembab, karena akan membuat buku gampang terkena jamur.
  3. Beri sampul plastik yang lembut dengan tekstur seperti tisu bukan kaku seperti kaca. Maksudnya, agar tidak lengket dan merusak kover.
  4. Pakailah silica gel, untuk menjaga agar buku awet. Nah, kata Mba Ipeh, silica gel bisa dibeli di apotik. Harganya juga murah, 20 rb bisa dapat segambreng. Letakkan, silica gel diantara tumpukan buku.
  5. Gunakan bookmark ketika menandai halaman buku, jangan ditekuk. Sayang aja, bisa merusak halaman buku.
  6. Jangan pula menyimpan buku di dalam kardus. Alasannya, kardus itu memiliki kandungan asam dan basa yang tinggi. Ini bisa merusak buku.
  7. Jika disimpan di tempat tertutup seperti lemari, harus rutin dibuka agar ada udara segar masuk. Sehingga buku tidak dalam kondisi lembab. Lakukan 1-2 kali seminggu. Ketika musim hujan, atau daerah tempat tinggal teman-teman berhawa dingin maka lakukanlah seminggu sekali.

Pantes saja, buku-buku yang saya simpan di kardus itu sebagian rusak dimakan rayap. Duh, kenapa kita nggak ngobrol dari dulu ya, Mba Ipeh!.

 photo ipeh-alena-11.jpg

foto milik Ipeh Alena

Baca juga Membaca Di Mata Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia 2016

Pemilik nama asli Indah Purnama ini terbiasa membaca dimana saja dan dalam situasi apa saja. Mau ramai ataupun sepi Mba Ipeh tetap bisa menikmati membaca. Kalau di rumah,  ada spot favoritnya dalam melahap buku-buku koleksinya yaitu di atas tempat tidur. Waduh, Mba Ipeh, kalau saya di atas tempat tidur biasanya batal baca karena ketiduran, qeqeqe.

Asyik banget, ngobrol sama book addict satu ini. Jangan kaget kalau buku dengan tebal 700 atau 900 halaman itu disebutnya dengan cuma setebal itu kok, Mba!. Cuma ya, dicatat!. Kalau saya kliyengan dulu tuh liat buku setebal itu, hahaha.

Ngobrol dengan Mba Ipeh Alena makin menguatkan keyakinan bahwa kebiasaan membaca memang sebaiknya dimulai sejak kecil, ya. Biarkan minat baca tumbuh dengan bacaan apa saja yang disukai. Biasanya setelah itu daya baca seseorang akan meningkat pula. Tapi, jangan lupa untuk bisa merawat buku-buku yang dimiliki agar bisa juga dibaca oleh orang lain. Nah, cara merawat buku ala Mba Ipeh Alena, Blogger Bekasi yang book addict ini bisa diterapkan.

 photo 208db4e3-f52a-4152-a4b5-8b8c0edfdee7.png

64 Comments

  1. Okti Li May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 14, 2016
  2. rita asmaraningsih May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 14, 2016
  3. Ika Hardiyan Aksari May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 14, 2016
  4. Kania May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 14, 2016
  5. Rani R Tyas May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 14, 2016
  6. Nurul Fitri Fatkhani May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 14, 2016
  7. Rotun DF May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 14, 2016
  8. yervi hesna May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 14, 2016
  9. retno May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 14, 2016
  10. zukhruf May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  11. Elisamonic May 14, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  12. Ade anita May 15, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  13. Ipeh Alena May 15, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  14. Faycha Anastasya May 15, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  15. dianesayank May 15, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  16. Akhdan Baihaqi May 16, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  17. anissa novita May 16, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  18. novie@vierose22 May 16, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  19. Alaika Abdullah May 16, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  20. Reyhan Ivandi May 16, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  21. Susindra May 16, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  22. Mama Keizha May 17, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  23. ira guslina May 17, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  24. angki May 17, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  25. Donna Imelda May 17, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  26. susanti dewi May 17, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  27. qhachan May 17, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  28. Ria Rochma May 17, 2016
    • Ety Abdoel May 17, 2016
  29. Titis Ayuningsih May 18, 2016
    • Ety Abdoel May 20, 2016
  30. Prasetyo May 18, 2016
    • Ety Abdoel May 21, 2016
  31. Widyanti Yuliandari June 10, 2016
    • Ety Abdoel June 10, 2016
  32. OBAT BATUK ANAK HERBAL June 13, 2016
  33. Andi September 26, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.