Food

Nikmatnya Pindang Ayam

pindang ayam yang nikmat

Masakan pindang ternyata bisa ditemui di banyak tempat di Indonesia. Pindang yang terdapat di beberapa daerah itu bisa jadi memiliki citarasa yang berbeda karena bumbu dan cara memasaknya berbeda. Jika di Jawa kita mengenal pindang ayam yang berkuah kental dan berwarna hitam maka di Palembang dikenal ada pindang ikan patin dan pindang tulang yang kuahnya tidak pekat dan bening.

Nah pindang ayam yang kumaksud adalah pindang ayam yang berkuah pekat karena memakai kluwak. Jika di daerahku masakan ini hanya ada saat ada acara sedekahan. Di luar itu aku belum pernah menemui ada yang menjual pindang ayam. Masakan ini salah satu masakan favorit, selain rasanya enak, keberadaannya yang jarang ditemui membuat aku selalu kangen ingin menikmatinya.

Beruntunglah, aku biasa masak, jadi aku carilah resep pindang ayam yang mirip sama pindang ayam yang biasa kunikmati saat sedekahan itu. Hasil pencarianku kembali berujung pada blognya Mba Diah Didi. Di sini aku menemukan resep pindang ayam kudus. Jika dilihat dari penampilannya sih mirip sama pindang ayam di daerahku. Di lihat dari bahan-bahan yang dipakai juga ada kluwaknya.

Daripada penasaran maka akupun mencoba resepnya Mba Diah Didi. Hasilnya, wow ternyata sama deh rasanya dengan pindang ayam yang biasa aku makan.Kuahnya terasa gurih karena memakai santan dipadu dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, kemiri, kencur, jahe dan lain-lain.

Ternyata tidak cuma aku, suami dan anak-anakpun suka dengan citarasa pindang kudus ini. Mulai sekarang, pindang ayam kudus pun menjadi salah satu menu harian keluargaku.

Mungkin ada yang bertanya mengapa nggak bertanya pada ibu saja, kan lebih otentik. Hehehe, ibuku tuh tidak pernah mencatat besarnya komposisi resep masakannya. Semua bumbu diracik berdasarkan feeling semata. Jadi kalau ditanya, bawang merah seberapa banyak, garamnya satu sendok kurang apa tidak, dan lain-lain, jawabannya pasti ya secukupnya saja. Hahaha, buat aku yang kemampuan masaknya pas-pasan nggak cocok pakai metode secukupnya saja. Jadilah aku rajin browsing kesana-kemari guna mendapat resep masakan dan mencoba jenis masakan baru.

Jika ingin mencoba resep pindang ayam kudus bisa disimak resepnya di sini.

 

6 Comments

  1. mamaniyya November 4, 2013
    • Ety Abdoel November 4, 2013
  2. isnuansa November 4, 2013
    • Ety Abdoel November 4, 2013
  3. Pakies November 5, 2013
    • Ety Abdoel November 5, 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.