Food

PizzAro Bermitra Dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UNS

Pizza, di negara asalnya Italia memiliki topping yang khas seperti peperoni. Di Karanganyar, Jawa Tengah, pizza kini hadir dengan citarasa yang khas pula, citarasa Indonesia.

 

Adalah PizzAro, UKM pizza rumahan milik Abdul Rohman ini yang mengangkat topping masakan Indonesia dalam produk pizza buatannya. Usaha yang dirintis sejak tahun 2017 ini awalnya hanya memproduksi dan menjual pizza potongan.

Pizza potongan dengan topping sosis sudah dipasarkan di toko roti maupun penjual tenongan di wilayah Karanganyar. Diantaranya di Brownies Cinta, dan SFA Mart Karanganyar. Selebihnya, dijual di penjual tenongan di wilayah Jaten, Lalung, dan Karanganyar.

Respon konsumen cukup bagus. Untuk pizza potongan ini beberapa kali mendapat order dalam jumlah besar 200- 1000 buah. Di tahun 2018, pizza dengan tekstur roti yang empuk ini melakukan diversifikasi produk yaitu burger mini dan pizza loyangan. Pizza loyangan awalnya juga hanya memakai topping yang original yaitu sosis. Dipasarkan lewat mulut ke mulut respon pasar akan pizza ini cukup bagus.

Abdul Rohman dan istri kemudian melakukan inovasi pada topping pizza. Topping masakan Indonesia kemudian dipilih untuk pengembangan produk pizza buatan mereka. Selain bermaksud agar PizzAro lebih bisa diterima pasar, topping masakan Indonesia diharapkan bisa turut melestarikan masakan khas dari berbagai daerah.

Pizza citarasa Indonesia PizzAro

Terpilihlah rendang dan kari ayam sebagai dua topping pertama yang diluncurkan. Proses menemukan ramuan yang pas memang membutuhkan waktu. Ujicoba pun terus dilakukan. Agar rasa yang disajikan bisa pas dengan rotinya.

Hingga akhirnya di tahun 2019 ini, PizzAro digandeng Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UNS. Tim PKM Universitas Sebelas Maret, diketuai oleh Dr. Endang Susilowati, M.Si, dan beranggotakan Dr. Sri Retno Dwi Ariani, M.Si dan Lina Mahardiani, M.Sc, Ph.D.

Tim PKM telah melakukan pendampingan sejak bulan Mei hingga Oktober 2019. Melalui program kemitraan tersebut PizzAro mendapatkan pendampingan dari sisi pengembangan produk, packaging, dan marketing.

Produk yang dikembangan di sini adalah produk pizza citarasa Indonesia yang semula masih dalam tahap ujicoba. Dalam kesempatan ini, PizzAro menampilkan dua masakan tradisional yang sudah populer di masyarakat yaitu rendang dan kari.
Kedua masakan tadi dipilih karena diyakini bakal diterima pasar.

Untuk rendang, PizzAro menggunakan daging sapi sementara untuk kari menggunakan daging ayam. Untuk tetap mempertahan identitas asli pizza maka unsur rempah khas Italia yaitu oregano tetap digunakan. Pun dengan penggunaan paprika. Sehingga PizzAro merupakan perkawinan dua masakan, barat dan Indonesia.

Untuk rasa, menurut konsumen yang sudah mencicipi, rasanya enak. Topping rendang maupun kari ayam terasa otentik namun ngeblend dengan roti dan rempah Italia.

PizzAro

Program kemitraan tersebut juga telah membuat PizzAro memiliki kemasan yang layak jual. Di samping itu program ini mendorong PizzAro untuk memasarkan secara online melalui Instagram @pizzaro.ind maupun Go Food (dalam proses).

Dengan adanya program kemitraan ini diharapkan akan mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Sehingga akan meningkatkan omzet UKM seperti PizzAro. Program ini juga telah di monitoring dan evaluasi oleh pihak UNS.

PizzAro tentu akan terus mengembangkan produk untuk melengkapi produk yang telah ada. Saat ini PizzAro hadir dalam bentuk potongan dengan topping sosis dengan harga ekonomis, pizza loyangan dengan topping rendang dan kari ayam yang khas dan lezat, mini burger. Sekarang, PizzAro juga bisa melengkapi isi snack box.

PizzAro juga telah mengikuti Sosialisasi Sertifikasi Halal di UNS. Ke depan proses sertifikasi halal menjadi hal yang segera dilakukan. Agar konsumen makin yakin bahwa PizzAro layak konsumsi selain sertifikat PIRT yang telah lebih dulu ada.

Target di tahun depan PizzAro memiliki outlet yang representatif untuk mendisplay berbagai produk yang dijual.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.