Health

Rawat Ragamu Agar Sehat dan Bebas Bergerak Sepanjang Usia

Menua itu pasti tetapi sehat itu pilihan.

Agustus kembali hadir. Ini bulan istimewa. Bulan kemerdekaan bangsa Indonesia. Semoga hadirnya, bisa membangkitkan semangat dan asa. Agar kita tidak menyerah pada kondisi, tidak menyerah pada pandemi.

Beberapa pekan ke belakang adalah saat yang berat bagi saya sekeluarga. Adik saya di kampung dinyatakan positif COVID-19. Kondisinya sempat lemas sehingga dirawat di rumah sakit. Sementara orangtua, adik saya yang lain dan kemenakan, menjalani isolasi mandiri di rumah.

Setelah menjalani perawatan selama 10 hari, adik saya bisa pulang ke rumah. Kabar bahagia di satu sisi, tapi sedihnya, kondisi ibu memburuk. Mual membuat ibu susah makan. Hanya sanggup menelan dua sendok bubur saja. Tubuh tuanya pun makin lemas.

Segera, ibu dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Segepok obat diberikan untuk diminum. Ibu diminta rawat jalan saja karena saturasinya masih bagus. Hari-hari setelah itu adalah masa perjuangan membangkitkan semangat ibu untuk sembuh.

Sedih, kepikiran, ingin merawat tapi tak bisa. Itu yang saya rasakan. Kami pun berbagi tugas. Adik-adik di kampung merawat ibu. Menyediakan makanan, memastikan obat diminum semua, mengajak ibu berjemur dan upaya fisik lainnya.

Saya sekeluarga tugasnya memberi semangat dan menghibur ibu. Video call setiap hari bisa sampai lima kali. Demi memantau kondisi ibu. Menemani beliau, dan membuat beliau yakin, bahwa ibu sangat berarti bagi kami. Jadi, ibu harus sembuh!

Alhamdulillah, perjuangan kami semua berbuah manis. Nafsu makan ibu berangsur membaik. Jika tempo hari susah makan, bahkan untuk makanan kesukaannya, kini ibu mulai minta makanan ini dan itu. Badan pun sudah jauh lebih fit. Sisa batuk saja yang belum sepenuhnya hilang.

Musibah yang kami alami, seolah menampar saya lebih keras lagi. Kesehatan itu sangat penting. Harga mati!

Saya pun bertanya pada diri sendiri. Mau berupaya sehat atau masih menundanya? Hati kecil saya bilang, saya ingin sehat.

Tetap Bergerak Saat Pandemi, Langkah Tepat Untuk Sehat

So, saat tahu ada Community Webinar bersama Anlene, Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), saya antusias mengikutinya pada Minggu pagi, 1 Agustus 2021 pukul 7.30.

Sepagi itu biasanya saya masih berkutat dengan urusan dapur. Tapi kemarin, demi menjaga komitmen untuk sehat, saya selesaikan urusan dapur lebih pagi. Saya mengikuti setiap sesi webinar hingga usai.
Acara diawali dengan Gentle Yoga bersama Amanda Tasning, Instruktur Yoga bersertifikat.

Gerakan Gentle Yoga itu low impact, cocok dilakukan untuk pemula maupun mereka yang berusia lanjut. Gentle Yoga fokus pada peregangan tubuh dan pernapasan.
Untuk melakukan Gentle Yoga dibutuhkan alas. Kalau ada matras yoga itu bagus. Jika tidak ada, bisa menggunakan kain, karpet, atau handuk tebal. Yang penting tidak licin dan aman untuk lutut kita.

Ini pertama kalinya saya melakukan yoga. Gerakan peregangan otot yang dikombinasikan dengan pernafasan sukses membuat saya mandi keringat dan merasa bugar.

Padahal saya hanya melakukan gerakan sederhana. Kebayang kan, kalau sudah mahir dan mampu melakukan gerakan yoga yang lebih menantang seperti kayang atau bahkan headstand. Pasti akan lebih sehat dan bugar.

Tenang, tidak perlu terburu-buru. Jangan pula merasa insecure ketika baru mampu melakukan gerakan yoga yang sederhana. Sementara yang lain, sudah lebih canggih.

Berlatih fokus dan pernapasan

Menurut Amanda, penting untuk senantiasa “listen to you body“. Lakukan gerakan senyaman mungkin. Ketika nafas mulai ngos-ngosan, jangan memaksakan diri.

Setelah ikut yoga bersama Amanda, saya jadi tertarik untuk rutin melakukannya. Ya, karena yoga bisa dilakukan di rumah. Terlebih saat pandemi, ruang gerak di luar rumah dibatasi.

Kalau teman-teman apa kabar selama pandemi? Tetap olahraga atau justru makin mager? Wah, kalau tetap berolahraga di rumah, kalian keren!

Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X Dukung Nutrisi Untuk Tetap Aktif, Sehat dan Bebas Bergerak

Setuju nggak nih, kalau kesehatan fisik itu bentuk self-care prioritas tiap orang? Kalau saya setuju, karena kesehatan menjadi modal awal untuk bisa beraktivitas.

Kita tentu punya keinginan, angan-angan maupun cita-cita. Agar hal itu bisa terwujud tentu saja kita harus sehat dulu. Jika sakit, makin beratlah upaya menggapai cita-cita.
So, rutin olahraga bisa menjaga imunitas tubuh tetap baik. Sehingga tidak gampang sakit.

Agar teman-teman bebas bergerak, tentu dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Diantaranya nutrisi untuk memperkuat tulang, menjaga kelenturan sendi dan energi otot. Sehingga aktivitas sehari-hari maupun aktivitas fisik lainnya seperti olahraga bisa dilakukan secara optimal.

Nah, ngobrolin nutrisi, ada Anlene ahlinya nutrisi tulang yang sejak awal menginspirasi masyarakat untuk bergerak aktif sebagai implementasi self-care.

Rhesya Agustine, Marketing Manager Anlene, PT Fonterra Brands Indonesia menyampaikan bahwa Anlene sudah dua dekade berada di Indonesia. Anlene telah konsisten berkomitmen dengan menyajikan produk yang terbaik, sekaligus menginspirasi orang-orang Indonesia untuk terus bergerak.

Untuk mendukung hal tersebut Anlene meluncurkan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X. Kedua produk tersebut menawarkan manfaat berupa nutrisi unggul yang memberikan kekuatan, fleksibilitas, serta energi lebih sepanjang hari. Tanpa perlu khawatir akan risiko kesehatan terkait usia.

Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X merupakan susu berkalsium tinggi yang diformulasikan khusus untuk mendorong kesehatan tulang yang optimal. Sekaligus memenuhi berbagai kebutuhan konsumen Indonesia untuk hidup aktif dan sehat.

Mana yang cocok buat kalian?

Resya memberikan gambaran, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing. Bagi yang ingin aktif sepanjang hari, cukup dengan Anlene Actifit 3X.
Tapi kalau ternyata perlu nutrisi dilengkapi dengan kolesterol yang rendah, sumber kalium dan Vitamin B9 untuk risiko kesehatan terkait usia dan tidak ada tambahan gula, bisa memilih Anlene Gold 5X.

Oh ya, varian rasa Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X ada tiga yaitu original, vanila dan coklat.

Menurut Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia,

“Aktivitas fisik berkualitas yang didukung nutrisi berkualitas akan membantu memelihara organ-organ gerak kita sehingga tubuh lebih sehat dan terus bisa aktif hingga nanti.”

Nah, Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X #LebihDariSusu menjawab kebutuhan tersebut.

Kandungan Nutrisi Anlene Actifit 3X

Anlene Actifit 3X dilengkapi dengan MOVEMAX yang mengandung nutrisi komplit bagi orang dewasa. Berguna untuk menjaga kesehatan tulang, kelenturan sendi dan kekuatan otot agar tetap aktif bergerak sepanjang hari.

Terdapat 3 nutrisi utama seperti;

  • kalsium tinggi yang dibutuhkan untuk tulang yang kuat,
  • kolagen + vitamin C yang bermanfaat untuk kelenturan sendi,
  • protein dari susu berkualitas tinggi dan Vitamin B6 untuk membangun energi otot yang berkelanjutan.

Kandungan Nutrisi Anlene Gold 5X

Mengandung MOVEMAX dengan nutrisi Superior untuk orang dewasa. Berguna untuk menjaga kesehatan tulang, kelenturan sendi dan kekuatan otot serta rendah kolesterol, sumber kalium dan tanpa penambahan gula agar dapat hidup sehat dan bebas bergerak.

Terdiri nutrisi utama yaitu kalsium tinggi vitamin C+ kolagen, dan protein yang dilengkapi dengan nutrisi tambahan :

  • Tanpa tambahan gula
  • Rendah kolesterol
  • Serat Oat
  • sumber kalium dan
  • Vitamin B 12 dan Asam Folat ( Vitamin B9)

Yuk, Ikuti Kompetisi Virtual #JadiAtletdiRumah

Pada kesempatan webinar tempo hari hadir pula, Liliyana Natsir, peraih Medali Emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 hadir berbagi cerita inspiratif.

Menurut Liliyana, kesehatan itu investasi untuk masa nanti. Jadi harus diupayakan secara konsisten sejak saat ini. Jangan merasa karena masih muda, kita abai masalah kesehatan dan nutrisi.

Ia pun mengakui, setelah pensiun jadi atlet ada godaan mager. Apalagi semenjak PPKM diberlakukan. Liliyana mengaku tak bisa lagi berolahraga renang.

Meskipun demikian, ia tetap melakukan olahraga di rumah. Ini penting untuk menjaga stamina dan mood. Olahraga membuat tubuh sehat, imunitas kuat dan mood bagus.

Nah, Liliyana biasa melakukan tiga gerakan di tempat yang sederhana. Tapi, manfaatnya sama kok bagi tubuh. Bisa bikin tubuh berkeringat, segar dan bugar. Menurut mantan atlet badminton ganda campuran ini, yang penting dalam berolahraga adalah konsistensi bukan durasi.

Tiga gerakan yang biasa dilakukan adalah lari di tempat, jalan di tempat dan lompat. Ketiga gerakan ini tak memerlukan alat. Pun tak membutuhkan ruangan yang luas. Jadi, siapapun pasti bisa melakukannya.

Terkait hal itu, Liliyana Natsir atau akrab disapa Butet ini mengajak kita untuk turut serta dalam kompetisi virtual #JadiAtletdiRumah. Di mana Anlene mengajak masyarakat untuk membuat video salah satu gerakan yang dilakukan Liliyana, sekaligus mendukung atlet Indonesia yang sedang bertanding di Tokyo.

Kompetisi berlangsung selama 23 Juli 2021- 8 Agustus 2021. Untuk informasi selengkapnya mengenai kompetisi virtual tersebut bisa dibaca di Instagram @Anlene_Indonesia.

Wuih seru juga ya, bisa berolahraga sambil ikut kompetisi. Nah, bagaimana nih teman-teman sudah rajin olahraga atau belum?

Jika teman-teman ingin tahu seberapa aktif tubuh kalian. Sekarang bisa cek secara online, dengan mengikuti Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene.

Teman-teman bisa mengakses http://anlenemovecheck.com/ untuk pemeriksaan mobilitas secara gratis. Alat sederhana tersebut dikembangkan secara khusus untuk menilai mobilitas dengan melakukan gerakan fisik sederhana.

Sekian cerita saya mengenai webinar tempo hari serta manfaat Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X. Jangan lupa ikutan kompetisi #JadiAtletDiRumah, ya.

Jika memilih sehat itu terbaik, maka tak ada alasan untuk menundanya.

Salam

Narasumber :

Rhesya Agustine, Marketing Manager Anlene, PT Fonterra Brands Indonesia

Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia

Liliyana Natsir, peraih Medali Emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016

Amanda Tasning, Instruktur Yoga Bersertifikat

Disampaikan pada Community Webinar Virtual Launching Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X, 1 Agustus 2021

28 Comments

  1. Wiwied Widya August 15, 2021
  2. Arinta Adiningtyas August 15, 2021
  3. Ranny August 15, 2021
  4. Klee August 16, 2021
  5. Deea August 16, 2021
  6. Ade UFi August 26, 2021
  7. Ainhy edelweiss August 26, 2021
  8. Era Sapamama August 26, 2021
  9. Farida Pane August 27, 2021
  10. Keke Naima August 27, 2021
  11. Ika Puspita August 27, 2021
  12. Nurul Sufitri August 27, 2021
  13. Dedew August 28, 2021
  14. lendyagassi August 28, 2021
  15. Katerina August 28, 2021
  16. Naqiyyah Syam August 28, 2021
  17. Suciarti Wahyuningtyas August 28, 2021
  18. Arinta Adiningtyas August 28, 2021
  19. Maya Siswadi August 28, 2021
  20. Nia Haryanto August 28, 2021
  21. Witri Prasetyo Aji August 28, 2021
  22. Hidayah Sulistyowati August 28, 2021
  23. Sri Widiyastuti August 28, 2021
  24. novaviolita August 28, 2021
  25. Dian Farida Ismyama August 28, 2021
  26. Uniek Kaswarganti August 28, 2021
  27. diane August 29, 2021
  28. Siti Hairul September 2, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.