Food

Hobi Masak? 4 Macam Pisau Dapur Ini Bakal Bikin Hobimu Makin Menyenangkan

Saya suka memasak. Bahkan hampir tiap hari memasak. Tapi, bukan berarti koleksi pisau dapur saya komplit. Sampai sebulan lalu, saya hanya punya tiga buah pisau. Dua pisau dipakai buat mengupas dan memotong segalanya. Satu lagi pisau roti, yang dipakai untuk memotong PizzAro.


Kenapa sih cuma punya tiga pisau dapur?

Alasannya, karena aktivitas memasak bisa dilakukan dengan pisau yang ada. Dua pisau yang saya miliki bisa dibilang pisau serbaguna. Cuma, kalau untuk memotong daging, harus sering diasah biar lebih tajam. Jadi, urusan memasak rawon kesukaan suami maupun ayam bumbu kacang masih bisa dilakukan.

Sementara kalau memotong tulang, ya belum pernah melakukannya, karena harus pakai pisau golok, kan.

O ya, saya tuh beberapa kali kerap ganti pisau dapur karena kualitas pisau yang tak sesuai harapan. Pertama, pisau tak tajam. Padahal namanya pisau serbaguna tapi ternyata tidak tajam meskipun sudah diasah.

Kedua, gagangnya mudah lepas. Baik gagang kayu maupun plastik. Sekalinya ketemu pisau yang tajam ternyata, handlenya mudah lepas.

 

Nah, ngomongin soal macam pisau dapur ternyata banyak macamnya. Setidaknya lebih dari 10 jenis pisau dapur. Banyak beud, ya.

Masing-masing pisau tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Intinya sih, pisau tersebut bakal mempermudah pekerjaan memasak.

Kali ini, saya ingin membahas empat pisau dapur saja. Apa saja jenis pisau tersebut?

Ini Dia 4 Macam Pisau Dapur Yang Bikin Aktivitas Memasakmu Jadi Gampang

1. Paring Knife

macam pisau dapur

Pisau ini ukurannya kecil. Sekitar 7,5 – 9 cm. Meskipun berukuran kecil, tapi hasil potongannya bisa lebih presisi. Pun bisa menjangkau bagian yang sulit dijangkau oleh pisau berukuran besar.

Paring Knife bisa digunakan untuk mengupas dan memotong bahan makanan berukuran kecil seperti buah. Namun bisa juga digunakan untuk mengupas kentang, wortel maupun memotong sayuran.

2. Chef Knife

pisau dapur debellin

Sesuai dengan namanya Chef Knife, pisau ini memang jenis pisau yang biasa dipakai para chef profesional. Aslinya sih disebut dengan classic knife. Ini terkait fungsinya sebagai pisau serbaguna yang biasa dipakai untuk memotong, mencincang maupun mengiris.

Dengan Chef Knife, aktivitas memasak jadi mudah karena tak perlu gonta ganti pisau sesuai fungsinya. Cukup satu pisau, urusan mengupas, memotong, mencincang maupun mengiris, bisa beres.

Chef knife ini biasanya berukuran sekitar 15 – 30 cm dengan ujung yang runcing.

3. Santoku Knife

Pisau dapur santoku

Dari namanya ketebak ya, itu pisau awalnya berasal dari negara mana. Yup, Santoku Knife adalah pisau serbaguna ala Jepang. Fungsinya sama lah dengan chef knife.

Santoku berasal dari kata dalam bahasa Jepang, santoku bocho atau three virtues. Maksudnya pisau yang memiliki tiga fungsi yaitu mengiris (slicing), memotong dadu (dicing) dan mencincang (mincing). Bisa dikatakan, santoku knife itu chef knifenya Asia.

Pisau Santoku ini, di bagian bawahnya ada cekungan-cekungan berbentuk lonjong dari pangkal hingga ujung pisau. Fungsi dari cekungan ini adalah mengurangi menempelnya hasil irisan di badan pisau.

Kalau dilihat ukurannya, mirip dengan ukuran chef knife.

4. Cleaver Knife

Pisau golok Cleaver debellin

Pisau ini disebut sebagai pisau golok. Bisa untuk memotong daging berukuran besar. Bahkan bisa untuk memotong tulang. Pisau ini ukuran paling besar diantara ketiga pisau sebelumnya.
Selain keempat pisau dapur tersebut masih ada jenis pisau dapur lainnya yaitu
Boning knife, cheese knife, curving knife, mincing knife dan lain-lain.

Review Debellin Meser Knife

Kurang lebih sebulan yang lalu, saya mendapat satu set Debellin Messer Knife. Ini adalah seperangkat pisau dapur premium dari Debellin Premium Cookware.

Satu set pisau tersebut ada empat macam pisau dapur. Keempat pisau tersebut adalah Chef Knife, Santoku Knife, Paring Knife dan Cleaver Knife.
Bagaimana kinerja pisau dapur premium tersebut?

Paring Knife, saya biasa pakai untuk mengupas dan memotong buah maupun bahan masakan berukuran kecil seperti bawang putih dan bawang merah.

Chef knife, akhirnya berasa chef pro ketika di dapur karena punya chef knife. Pisaunya tajam merata dari pangkal hingga ujung. Fungsinya yang serbaguna jadi mudah ketika mau mengolah ayam maupun aneka seafood.

Santoku Knife, suka karena kita bisa atur tingkat ketipisan yang kita mau. Suka banget mengiris paprika untuk membuat pizza teflon maupun mencincang bawang bombay dengan pisau ini.

Cleaver knife, mengiris daging sapi jadi mudah. Digunakan untuk memotong tulang juga bisa. Saya senang akhirnya bisa punya pisau golok. Kalau mau mengolah tulang iga jadi gak bingung lagi motongnya.

Secara keseluruhan, saya suka dengan Debellin Messer Knife, pisaunya tajam, dipegang nyaman meski agak berat.

Nah, buat teman-teman saya sedang mencari pisau dapur idaman, pisau dapur Messer set ini rekomended.

Berikut ini sederet kelebihan dari Debellin Messer Knife

1. Pisau dikemas dalam box hitam sehingga nampak mewah.
2. Pisau premium berbahan German Steel yang tebal.
3 . Berbobot namun nyaman saat dipegang.
4. Pegangan pisau berupa kayu yang diapit dengan 2 gagang stainless steel, terbuat dari kayu Pakkawood yang elegan.
5. Pegangan pisau tidak licin meskipun terlihat mengkilap.
6. Tak perlu sering diasah karena ketajaman selalu terjaga.
7. Tak mudah bergerigi (pecah)
8. Mudah dibersihkan
9. Harganya sesuai dengan kualitasnya

Debellin Messer Knife bisa dibeli secara online melalui website Debellin Premium Cookware. Harga satu set Debellin Messer Knife itu Rp. 3.592.000,00. Harga segitu beneran nggak rugi, karena pisau produksi Jerman ini kualitasnya premium.

Oh ya, Debelllin Premium Cookware nggak hanya punya produk Messer Knife set, ada banyak ragam peralatan dapur premium dijual di sana.

Apa saja produknya? Teman-teman bisa kunjungi Instagram debellin.premiumcookware.

Jika penasaran dengan kinerja pisau dapur dari Debellin ini, bisa cek highlight story saya, ya. Di sana keempat pisau telah saya coba.

Oke, teman-teman, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari pisau dapur berkualitas.
Yakin, deh, dengan memiliki 4 macam pisau dapur di atas, urusan memasak jadi mudah dan menyenangkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.