Health

Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Sasha Pasta Gigi Halal Dengan Siwak Asli

Semangkok Soto Banyumas akhirnya tandas di perutku. Sarapan yang mengenyangkan. Meskipun kenyang, tapi perutku masih bisa menampung camilan. Sembari mengetik biasanya ada saja jajanan yang menemaniku. Ditambah lagi jika ada tetangga yang kirim makanan. Bisa bikin jarum timbangan tambah geser ke kanan. Tepok jidat!

Tapi, nggak cuma itu sih. Kalau makan terus, gigi dan mulutku harus bekerja keras.

Sudah kepayahan mengunyah, ya? Oh, bukan begitu!

Hanya suka berpikir. Tiap hari begitu banyak makanan masuk ke mulut dan harus dikunyah oleh gigi. Berbagai macam rasa, ada manis, asin, pedas bahkan kadang rasa asam. Membayangkan jadi gigi kok, ngilu ya. Makanya, kita harus tahu dirilah. Perhatikan betul cara membersihkan gigi, agar gigi bersih paripurna, gusinya sehat dan mulut terasa segar.

Urusan membersihkan gigi begitu penting.  Aturannya, membersihkan gigi itu dua kali sehari. Menggosok gigi dilakukan setelah makan dan sebelum tidur. Kalau kelewat tidak menggosok gigi, kotoran bisa menumpuk. Menimbulkan plak dan radang gusi. Apalagi malam hari saat tidur, kalau tidak gosok gigi maka bakteri jahat dengan mudah mengerogoti kesehatan gigi.

Kalau malam, godaannya ngantuk. Ini sih buat saya, karena badan penat setelah beraktivitas seharian, penginnya langsung rebahan. Tapi, kalau ingat gigi yang sudah nggak ada gantinya lagi maka ngantuk-ngantuk dijabanin ke kamar mandi untuk menggosok gigi.pakai-sasha-pasta-gigi-halal-dengan-siwak-asli

Kebiasaan menggosok gigi sudah dikenal sejak berabad lalu. Bahkan 7 abad yang lalu Bangsa Babilonia menggunakan siwak untuk membersihkan gigi dan mulut mereka. Selain itu siwak juga digunakan oleh Bangsa Yunani, Mesir kuno, Romawi dan umat Islam. Bahkan Nabi Muhammad SAW, pun memberi teladan cara membersihkan gigi dengan siwak.

Dalam sebuah hadist diriwayatkan :

“Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : “Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak”. (Hadits riwayat Bukhari)

Kita bisa lihat, kan, betapa Rosullulah rutin bersiwak demi menjaga kebersihan gigi dan mulut. Wajar jika dalam beberapa hadist disebutkan anjuran bersiwak sebagai sesuatu yang baik untuk dijalankan.

Siwak adalah akar atau dahan pohon  yang digunakan untuk membersihkan gusi, gigi, dan mulut.

Pohon berkayu yang digunakan sebagai siwak bisa berbeda di tiap wilayah. Di timur Tengah, siwak biasanya diambil dari dahan atau akar pohon Salvodora persica. Sementara di Afrika Barat, diambil dari pohon limun (Citrus aurantafolia) dan pohon jeruk (Citrus senesis).

Cara menggunakannya, dahan atau akar dipotong kemudian ujungnya digigit terlebih dulu sehingga berserat-serat, menyerupai bulu sikat gigi. Nah, serat inilah yang dipakai untuk membersihkan gigi dan gusi.

Di dalam Siwak,  terdapat mineral alami yang mampu merawat gigi dan menjaga gusi tetap sehat. Bisa dibilang siwak ini paduan antara sikat dan pasta gigi. Kulit siwak mengandung alkaloid, merupakan antibiotik yang mampu mencegah penumpukan bakteri pada gigi dan gusi. Sehingga gigi berlubang atau rusak bisa dihindari.

Selain itu siwak mengandung tanin, yang bisa merangsang produksi air liur. Seperti kita ketahui kurangnya produksi air liur dapat menyebabkan bau mulut (halitosis). Jadi memakai siwak adalah cara alami mengatasi bau mulut. Siwak juga bisa mencegah terbentuknya plak. Sehingga terjadinya radang gusi bisa dihindari.

Tidak cuma itu, siwak juga bisa memperkuat enamel gigi dan memutihkan gigi secara alami. Melihat manfaat siwak, pengin banget pakai siwak. Sekalian mengamalkan sunnah rosul. Tapi, mendapatkan siwak bukan hal mudah.

Untunglah sekarang ada Sasha pasta gigi  halal dengan siwak asli.

Sasha Pasta Gigi Halal Dengan Siwak Asli, Natural, dan Halal

Beberapa waktu lalu saya diberitahu tentang pasta gigi siwak. Namanya Sasha Toothpaste. Pasta gigi ini mengandung siwak asli. Ini pertama kalinya ada di Indonesia, kebanyakan pasta gigi lain hanya menggunakan ekstrak siwak . Selain siwak, pasta gigi ini dibuat dari bahan alami seperti daun sirih dan lemon.

Sasha Halal toothpaste ini diproduksi oleh PT. Kino Indonesia. Mereka menambahkan siwak karena kandungan dalam siwak bermanfaat untuk menjaga kesehtan gigi dan mulut.

Pasta gigi siwak Sasha memiliki dua varian yaitu Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial dan Sasha Toothpaste Whitening. Nah, masing-masing varian memberi manfaat yang sama bagusnya. Makanya, saya coba dua-duanya.

Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial

Sasha varian ini, selain mengandung siwak, juga mengandung daun sirih. Seperti kita ketahui, daun sirih adalah salah satu tanaman obat yang memiliki beragam khasiat, termasuk buat gigi.

sasha-toothpaste-herbal-antibacterial

Apa khasiat daun sirih?

Daun sirih atau disebut sebagai Piper betle diketahui mengandung minyak esensial seperti terpen dan fenol. Selain itu dalam daun sirih juga terdapat fitokimia seperti asam stearat, eugenol, eucalyptol, metil dan lain-lain. Dengan segenap kandungan tersebut daun sirih terbukti bermanfaat sebagai anti bakteri, mencegah gigi berlubang, dan mencegah  peradangan pada gusi. Selain itu mengunyah adalah daun sirih salah satu cara agar mulut tidak bau.

Jadi inget kebiasaan orang-orang zaman dulu yang suka mengunyah sirih. Tapi, untuk kita sih nggak perlu serepot itu.

Sasha toothpaste herbal antibacterial telah memformulasikan daun sirih dan siwak. Sehingga Sasha pasta gigi siwak memiliki manfaat ganda. Gigi, gusi dan mulut bakal sehat.

Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial dikemas dalam tube berwarna keemasan. Sementara isinya berwarna agak kecoklatan.

Sasha Toothpaste Whitening

Nah, untuk varian yang satu ini, Sasha memanfaatkan siwak, lemon dan garam. Kedua bahan alami yaitu lemon dan garam juga memiliki manfaat untuk gigi. Selama ini kita kenal lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Salah satu manfaat vitamin C adalah memiliki efek mencerahkan. Begitupun jika vitamin C ini digunakan pada gigi. Bekas makanan atau minuman tertentu dapat mengakibatkan gigi kita kuning. Nah, lemon bisa memutihkan gigi secara alami.

Sewaktu kecil saya pernah sakit gigi. Ibu kemudian memberi saya segelas air garam untuk berkumur. Katanya itu bisa membunuh bakteri dalam gigi. Ternyata, jauh sebelum zaman saya kecil, garam diyakini memiliki manfaat untuk gigi. Bangsa Yunani dan Romawi telah lebih dulu menggunakan campuran garam, air sumur dan cuka untuk membersihkan gigi.

Nah, sekarang ini garam dipadukan dengan lemon dan siwak agar memiliki manfaat yang lebih baik. Jadi Sasha Toothpaste Whitening bakal memperbaiki penampilan gigi kita, lebih cerah, putih dan sehat.

sasha-pasta-gigi-siwak-halal-whitening 2

Sasha Toothpaste Whitening dikemas dalam tube berwarna putih. Pasta giginya juga berwarna putih dengan aroma yang segar.

Nah, melihat manfaat siwak, saya jadi tertarik memakai pasta gigi siwak karena praktis. Selain itu Sasha pasta gigi siwak ini dibuat dan diproses tanpa menggunakan unsur hewani, jadi halal. Sasha Toothpaste termasuk dalam daftar produk halal MUI 2018. Alhamdulilah.

Pengalaman Menggosok Gigi Dengan Sasha Pasta Gigi Siwak

Saya selalu cerewet kalau soal menggosok gigi. Dua anak saya paham betul, tiap malam pasti mengingatkan untuk menggosok gigi sebelum tidur. Meskipun tiap hari diingatkan, kadang muncul juga tuh rasa malasnya. Tapi, tetap, mereka harus gosok gigi. Anak-anak saya,  sebagian giginya merupakan gigi tetap. Jadi harus benar-benar dijaga agar sehat dan kuat. Jika gigi rusak kan tak ada lagi gigi pengganti. Hal ini yang terus menerus saya ingatkan kepada anak-anak.

sasha-toothpaste-herbal-antibacterial2

Si bungsu suka protes kalau pasta giginya terlalu pedas (semriwing). Pas nyobain gosok gigi dengan Sasha Halal Toothpaste dia langsung komentar

“Pasta giginya gak pedes, Mi!”

Nah, setelah mencoba pasta gigi Sasha, saya sepakat dengan anak saya. Efek semriwingnya itu gak seperti pasta gigi pada umumnya. Jadi nyaman di mulut.

Selain itu, Sasha Toothpaste ini busanya nggak banyak. Tapi, setelah gosok gigi, terasa bersih dan segar. Untuk Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial aroma herbalnya terasa. Kalau untuk Sasha Toothpaste Whitening aromanya seperti aroma pasta gigi pada umumnya.

Kalau saya sih pakai kedua varian secara bergantian karena memang ingin merasakan manfaatnya. Adakah, diantara teman-teman tertarik untuk mengambil manfaat siwak? Yuk, bisa beralih ke Sasha pasta gigi halal dengan siwak asli.

Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman bisa kunjungi Fb nya Sasha Pancaran Aura Islami  dan IG nya Sasha Indonesia

50 Comments

  1. Agustina Purwantini November 24, 2018
  2. Adhi Nugroho November 24, 2018
    • Halimatus sadiyah March 31, 2019
  3. Eri Udiyawati November 26, 2018
  4. Keke Naima November 26, 2018
  5. lendyagasshi November 26, 2018
  6. Sary Melati November 26, 2018
  7. HM Zwan November 26, 2018
  8. Aswinda Utari November 27, 2018
  9. kanianingsih November 27, 2018
  10. herva yulyanti November 27, 2018
  11. lindaleenk November 27, 2018
  12. Hidayah Sulistyowati November 27, 2018
  13. Hikmah Khaerunnisa November 27, 2018
  14. Nyi Penengah Dewanti November 28, 2018
  15. Lina W. Sasmita November 28, 2018
  16. Intan Novriza Kamala Sari November 28, 2018
  17. Dedew November 28, 2018
  18. Erin November 28, 2018
  19. Rach Alida Bahaweres November 28, 2018
  20. ophiziadah November 28, 2018
  21. Nova Violita November 28, 2018
  22. Uniek Kaswarganti November 28, 2018
  23. ria fasha November 28, 2018
  24. Helena November 28, 2018
  25. Yati Rachmat November 28, 2018
  26. Ika Puspita November 29, 2018
  27. yurmawita December 1, 2018
  28. Elliza Efina December 1, 2018
  29. Hastira December 2, 2018
  30. Ida Raihan December 2, 2018
  31. fika December 4, 2018
  32. Miss Riana December 5, 2018
  33. Syarifani Mulyana December 5, 2018
  34. Sapti nurul hidayati December 5, 2018
  35. Ririe Khayan December 5, 2018
  36. arry wastuti December 6, 2018
  37. Vika Kurniawati December 6, 2018
  38. Dian Farida Ismyama December 6, 2018
  39. Nurul December 6, 2018
  40. innaistantina December 6, 2018
  41. Nisya Rifiani December 7, 2018
  42. ima satrianto December 7, 2018
  43. Dewi Krisna December 7, 2018
  44. agata vera December 7, 2018
  45. Hanifa December 8, 2018
    • HAlimatus sadiyah March 31, 2019
  46. HAlimatus sadiyah August 22, 2019
  47. Mabruroh September 3, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.