Food

Soto Ayam 61 : Soto Ayam Legendaris Di Malioboro, Jogjakarta

Siapa suka soto?
Saya yakin makanan tradisional Indonesia yang satu ini memiliki banyak penggemar. Warung soto mudah ditemui bahkan di sudut-sudut kampung. Uniknya, soto dari berbagai daerah memiliki variasi yang berbeda. Kali ini saya berbagi cerita tentang soto ayam legendaris di Malioboro.

Malioboro, setiap sudutnya selalu menarik untuk dieksplor. Malioboro bagi saya tak melulu soal batik, turis dan foto-foto. Tapi, juga soal menikmati deru kota yang dinamis. Kadang, ketika saya ingin menyendiri di tengah keramaian maka saya akan ke Malioboro. Meskipun sudah berulangkali ke sana, saya nggak bosan. Bahkan belum puas dan masih ada yang membuat saya penasaran.

Salah satunya Soto Ayam 61, warung soto ayam yang telah ada sejak 1976. Dua kali mencoba makan soto di sana selalu zonk karena habis. Akhirnya, dikesempatan ketiga bisa makan soto legendaris di Malioboro yang terkenal ini.

soto-ayam-61-malioboro

Sepulang dari meliput event Barista Inklusif tempo hari, saya berkunjung ke sana. Kebetulan saya belum makan siang, lapeeer banget. Jadwal kereta juga masih lama makanya saya bisa santai sejenak menikmati hiruk pikuk Malioboro.

Saya sih sudah memiliki ekspektasi tentang rasa Soto Ayam 61. Melihat eksistensinya bisa bertahan 42 tahun, pastilah karena rasanya enak dan nggak berubah dari dulu hingga kini.

Warungnya sih sederhana banget. Bahkan terkesan jadul karena gaya interiornya kek warung soto jaman dulu. Hanya ada meja dan kursi sederhana, minim ornamen pemanis. Sepertinya pemilik warung Soto Ayam 61 tak kawatir dengan munculnya tempat makan kekinian yang instagramable.

Soto Ayam Legendaris Di Malioboro Ini, Berkuah Bening

Di atas, sudah saya singgung soal variasi soto yang ada di Indonesia. Ada yang berkuah santan, ada yang berkuah bening, berkuah kuning telur asin dan ada yang berkuah sambal kacang. Nah, Soto Ayam 61 termasuk soto ayam berkuah bening.

soto ayam legendaris di malioboro

Kuahnya sedeep

Soal isian soto sih, nggak beda dengan soto pada umumnya. Isian sotonya ada soun, ayam, daun seledri, bawang goreng dan nasi. Porsinya tergolong sedang.

Pertama kali nyicip kuahnya, lidah saya menangkap rasa gurih dan ringan. Maksudnya kuahnya nggak terlalu berlemak. Jadi, buat saya sih enak. Tanpa perlu tambahan apapun seperti kecap, rasanya sudah pas di lidah saya.

Oh ya, soto ayam legendaris di Malioboro ini disajikan dengan menu pelengkap. Kalau yang disajikan kepada saya, ada perkedel kentang, sate ayam kecap, dan telur kecap. Saya pun penasaran pengin nyoba makan soto ayam 61 ditambah lauknya.

lauk soto ayam 61

Lauknya tinggal pilih

Pertama, saya nyobain lauk perkedel. Rasa perkedelnya juga enak. Cocok dimakan pakai soto ayam ini. Kedua, saya nyoba makan soto dengan lauk telur kecap. Buat saya kurang pas, karena terlalu manis jadinya. Rasa gurih soto ayam legendaris di Malioboro ini jadi rusak. Huhuhu, sedih!

Tapi, itukan buat saya karena nggak suka kalau soto rasanya terlalu manis. Mungkin buat teman-teman yang terbiasa makan soto lauk telur kecap nggak masalah.

Soto Ayam Dengan Sambal Kecap
Biasanya soto ayam berkuah bening sambalnya adalah cabe rawit yang direbus dan dihaluskan. Tapi, sambal soto ayam 61 ini memakai sambal kecap. Hm, seperti sambal buat sop, ya.

Sebagai penyuka pedas, saya pun menambahkan sesendok sambal kecap. Setelah ditambah sesendok sambal kecap, rasanya masih enak. Saat dimakan dengan lauk perkedel sih cocok. Nggak nyangka soto ayam ternyata enak juga dimakan dengan sambal kecap.

sambal kecap soto ayam 61

Sambal kecapnya enak

Masalahnya, rasa soto saya kemudian jadi terlalu manis karena sudah pakai sambal kecap trus lauknya telur kecap. Agak menyesal sih, karena sisa soto ayam saya jadi terlalu manis.

Tapi, sambal kecapnya enak, kok. Saya sempat nyicipin sambalnya. Buat teman-teman yang menghendaki membeli sambal kecap bisa, lho. Lumayan kan, buat di rumah, sebagai teman makan sop.

soto-ayam-61-lauk-telur

Dimakan pakai sambal kecap dan lauk telur kecap ternyata terlalu manis buat saya

Hanya saja, buat teman-teman penyuka pedas dan tidak suka manis mungkin bakal kurang puas. Nambah sambal kecap berarti bertambah pedas juga bertambah manis. Ya, karena sambal cabe sudah dikecapin.
Ada niat ke sana lagi? Ada! Hahaha, dan nantinya hanya makan soto ayam ditambah sambal kecap dan perkedel kentang. Ini kombinasi paling pas buat lidah saya.

Harga Soto Ayam 61

Buat saya ya, harga semangkok soto ayam legendaris di Malioboro ini cukup mahal. Semangkok soto ayam 61 seharga Rp 14.000. Ini belum termasuk harga lauk-pauk dan minumnya.

harga soto ayam 61

Memang harganya cukup mahal tapi menurut saya sih sebanding dengan rasanya yang enak. Jadi ya, nggak papa juga. Oh, ya harga ini ketika saya makan di Soto Ayam 61 bulan Juli 2018, ya. Harga pastinya akan berubah suatu hari nanti.

Lokasi Soto Ayam 61 

Lokasi Soto Ayam 61 ada di seberang gapura Kampung Ketandan, Chinatown nya Jogjakarta. Keliatan kok plangnya. Kalau jalan kaki bakal lebih mudah mengenalinya. Maklum di sepanjang Maliboro kan toko-toko berjajar rapat. Jadi harus teliti, liat plangnya.

Oh ya, kalau jalan- jalan ke Maliboro, teman-teman yang suka sejarah bisa gabung di Malioberen. Kalian akan diajak menyusuri sejarah Malioboro plus bangunan tempo dulu yang ada di sana.

Saya juga masih pengin ke Malioboro lagi meskipun Jogjakarta selalu menawarkan tempat wisata lain yang menarik. Entah ya, berjalan di sepanjang Malioboro, meskipun harus panas-panasan dan yang dilihat juga hal yang sama, bagi saya selalu menarik.
Kalau lapar, tinggal pilih mau makan apa aja. Selain kuliner di Pasar Beringharjo yang menggoda, ada Soto Ayam 61, soto ayam legendaris di Malioboro yang sayang untuk dilewatkan.

Soto Ayam 61

Jln Margo Mulyo No. 61

Ngupasan, Gondomanan, Jogjakarta

 

18 Comments

  1. Wiwied Widya August 14, 2018
    • Ety Abdoel August 14, 2018
  2. Ima satrianto August 14, 2018
    • Ety Abdoel August 14, 2018
  3. Ipeh Alena August 14, 2018
    • Ety Abdoel August 14, 2018
  4. Fubuki Aida August 14, 2018
    • Ety Abdoel August 14, 2018
  5. Ranny August 14, 2018
    • Ety Abdoel August 14, 2018
  6. Noer Ima Kaltsum August 14, 2018
    • Ety Abdoel September 16, 2018
  7. Kisah Foto August 14, 2018
    • Ety Abdoel September 16, 2018
  8. mazarie blog August 17, 2018
    • Ety Abdoel September 16, 2018
  9. Reyne Raea September 6, 2018
    • Ety Abdoel September 12, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.