Health

Tip Mudah Berobat Ke Penang Yang Perlu Diketahui

Penang, mendengar namanya langsung terbayang deretan bangunan tua di George Town nan megah dan elok. Pesona bangunan bergaya arsitektur Inggris dengan sentuhan lokal telah memikat banyak mata, termasuk saya. Ternyata dibalik warisan bangunan tua yang berkesan kuno, Penang memiliki fasilitas kesehatan yang canggih. Berobat ke Penang, kini menjadi salah satu tujuan orang datang ke pulau yang berjuluk The Pearl Of Orient itu.

Seperti dilansir Okezone, mereka yang gemar berobat ke Penang diantaranya adalah orang Indonesia. Kebanyakan berasal dari Medan, dan Jakarta. Hingga Oktober 2019, pasien dari Indonesia berjumlah 900.000 orang. Jumlah ini paling besar diantara pasien dari negara lainnya. Sementara itu jumlah total pasien yang berkunjung ke Penang sebesar 1, 2 juta orang. Wah, banyak juga, ya.

Mereka yang memilih berkunjung ke Penang untuk berobat tentu punya alasan. Pasti bukan sembarang alasan kalau urusan yang menyangkut kesehatan. Penasaran nggak sih dengan alasannya? Kalau saya sih penasaran dengan kondisi fasilitas layanan kesehatan di sana sehingga mampu menjadi tujuan medical tourism.

Ternyata ada beberapa alasan orang Indonesia berobat ke Penang, antara lain :

1. Tenaga dokter spesialisnya lulusan luar negeri. Diantaranya merupakan dokter lulusan National University Singapore dan Royal College Inggris. Keduanya merupakan universitas bergengsi.
2. Fasilitas medis yang tersedia di rumah sakit di Penang lengkap dan menggunakan teknologi yang canggih.
3. Biaya berobat ke Penang sepadan dengan kualitas yang diberikan.
4. Adanya kemudahan berkomunikasi. Sebab, dokter di Penang biasanya bisa berbahasa Melayu yang bisa dipahami oleh pasien dari Indonesia.
5. Kemudahan transportasi, terdapat rute penerbangan dari Indonesia ke Penang.
6. Lingkungan rumah sakit di Penang mirip dengan di Indonesia. Misalnya ada kemiripan dalam hal makanan, cuaca dan bahasa yang digunakan.

Kalau melihat alasan di atas, wajar jika banyak yang tertarik untuk berobat ke sana. Rumah sakit di Penang memiliki fasiltas bagus, tenaga dokter berpengalaman, dan adanya beberapa kemudahan akses. Lengkap dan canggihnya fasilitas kesehatan yang ada di sana tak hanya menarik bagi mereka yang sedang mencari kesembuhan.

sakit jantung berobat ke Penang

Umumnya jenis penyakit orang Indonesia yang berobat ke wilayah terpadat di Malaysia ini adalah penyakit jantung (kardiologi), tulang (orthopedi) dan saluran pencernaan (gastroenterologi). Sementara itu sebagian lagi, pergi ke Penang untuk melakukan general check up.

Teman-teman tertarik berobat ke Penang. Tapi masih bingung harus berobat ke rumah sakit yang mana. Pun masih bingung dalam memilih dokter spesialis yang tepat untuk didatangi. Jika iya, tenang saja karena urusan ini makin mudah.

Tip Mudah Berobat Ke Penang Yang Sebaiknya Kalian Tahu

Sekarang ini ada Smarter Health, sebuah platform online yang menjadi penghubung antara pasien dengan perawatan tenaga spesialis berkualitas di Asia Tenggara. Jika teman-teman membutuhkan informasi mengenai dokter spesialis yang tepat untuk menangani pemeriksaan teman-teman maka Smarter Health akan memberikan rekomendasi.

Tak sembarang rekomendasi diberikan. Semua berdasarkan kondisi medis pasien.

Menariknya lagi Smarter Health hanya bekerjasama dengan rumah sakit yang terakreditasi Joint Commission International di Penang, seperti Island Hospital , Gleneagles Hospital, Pantai Hospital dan KPJ Penang Specialist Hospital.

Nah, jika penasaran dengan siapa saja dokter yang populer di antara pasien Indonesia, berikut ini daftarnya dari masing-masing rumah sakit, ya :

Island Hospital

1.dr. Seow Eng Lok, spesialis saluran pencernaan
2. dr. Malik Mumtaz, spesialis penyakit dalam
3. dr. Oh Kim Soon, spesialis tulang

Gleneagles Hospital

1. dr. Amir Shah, spesialis kanker
2. dr. Lee Ling Ching, spesialis jantung
3. dr. Simon Lo, spesialis jantung

Pantai Hospital

1. dr. Adam K.C. Chow, spesialis saluran kemih
2. dr. Benjamin Cheah Tien Eang, spesialis penyakit dalam
3. dr. Priya Damodaran, spesialis mulut dan gigi

KPJ Penang Specialist Hospital

  1. dr. Chan Kok Kheng, spesialis jantung
  2. dr. Safari Elis, spesialis jantung
  3. dr. Lim Soo Soo, spesialis kandungan

Biaya Berobat Ke Penang

Oh ya, masih ingat kan, salah satu alasan orang Indonesia berobat ke Penang itu karena biaya yang dikeluarkan sepadan dengan layanan yang didapat.

Nah, untuk estimasi biaya yang dikenakan berbeda-beda. Hal ini sangat tergantung pada kondisi medis pasien. Tapi tenang, untuk kondisi medis tertentu, estimasi biayanya bisa diketahui melalui Smarter Health secara gratis.

Sementara itu, untuk kondisi pasien yang kompleks, dokter akan meminta pasien konsultasi terlebih dulu agar tahu tindakan medis yang tepat. Setelah itu baru dihitung estimasi biayanya.

Untuk biaya konsultasi tiap dokter juga berbeda-beda. Tapi, tak usah kawatir karena Smarter Health memberikan informasinya.

Medical record

Oh ya, bagi teman-teman yang ingin melakukan medical check up memang ada beberapa paket. Namun perlu diketahui tidak semua paket medical check up itu sama. Sebab, kebutuhan check up masing-masing orang berbeda. Pun untuk biayanya juga akan berbeda pula.

Nah, salah satu kelebihan dari Smarter Health adalah bisa mencarikan paket check up di Penang sesuai bujet dan kebutuhan masing-masing orang. Tentu dengan melihat beberapa faktor seperti umur, jenis kelamin dan faktor risiko penyakit turunan di keluarga. Dengan begitu teman-teman cukup mengeluarkan uang untuk check up yang benar-benar dibutuhkan saja. Wah, asyik dong kalau gitu.

Selain memberikan layanan informasi berobat ke Penang, Smarter Health bisa membantu teman-teman berobat ke kota lain di beberapa negara, termasuk berobat di dalam negeri.
Untuk Malaysia, ada alternatif berobat ke Kuala Lumpur, dan Malaka. Bisa juga membantu teman-teman berobat ke Singapura.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Smarter Health hanya bekerjasama dengan rumah sakit terakreditasi Joint Commission International. Nah, berikut ini list rumah sakitnya:

Malaysia

  • Island Hospital
  • Gleneagles Hospital
  • Pantai Hospital
  • Sunway Medical Centre
  • KPJ Hospital

Singapura

  • Mount Elizabeth Hospital
  • Parkway East Hospital
  • Thomson Medical Center
  • Gleneagles Hospital
  • Mount Alvernia Hospital
  • Farrer Park Hospital
  • Raffles Hospital

Indonesia

  • Rumah Sakit Siloam
  • Rumah Sakit Awal Bros
  • Rumah Sakit Mayapada

Nah, banyak alternatif, kan. Urusan berobat ke Penang maupun ke kota lain jadi makin mudah mendapatkan informasinya.

Sampai di sini dulu informasinya. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang sedang berikhtiar mencari kesembuhan maupun ingin melakukan medical check up.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.