Health

Menangani Kulit Sensitif Bayi dan Anak

Saya sedih, kalau melihat Zahira menggaruk kulitnya. Rasa gatal membuatnya tak mampu mengontrol garukkannya. Akhirnya, kulit pun jadi memerah bahkan lecet. Kulit Zahira memang sensitif. Kulitnya gampang sekali mengalami ruam.

Pipinya tak semulus bayi pada umumnya. Ada ruam merah, kering dan tebal. Sementara itu dia juga nggak bisa lama-lama pakai popok sekali pakai. Lipatan paha pasti akan memerah.
Kondisi kulit sensitifnya, masih terjadi hingga sekarang.

Saat rasa gatal muncul kulit Zahira menjadi kemerahan. Bagian yang memerah itu kemudian kering dan lebih tebal. Ini seperti yang saya alami. Ruam atau merah-merah pada kulit ini bisa disebabkan karena residu detergent SLS yang tertinggal pada pakaian.

Menurut artikel yang saya kutip dari hallodoc disebutkan bahwa ada dua alergi yang ciri-cirinya cocok dengan yang Zahira maupun saya alami, yaitu:

1. Dermatitis kontak, alergi yang timbul setelah terjadi kontak antara kulit dan alergen. Kulit akan terasa panas, gatal dan timbul kemerahan. Zat pemicu alergi biasanya sabun cuci pakaian atau sabun mandi yang mengandung Sodium Lauryl Sulfat (SLS) atau Anionik Surfactant, alkohol atau zat pewangiZat pemicu alergi biasanya detergen, sabun, maupun pewangi kain.

2. Eksim
Pemicu alergi kulit yang satu ini biasanya Gejalanya ditandai dengan muncul ruam pada lipatan kulit, gatal, mengering dan lebih tebal dari kulit yang sehat.

Dulu saya suka kasih salep di kulit Zahira yang gatal. Tapi, jika dibaca ketentuannya. Salep tersebut tidak boleh dipakai dalam jangka waktu lama. Padahal alergi yang Zahira alami datang dan pergi lalu kembali lagi. Begitu terus. Jadi dilema, kan.

Menurut artikel tadi, yang bisa dilakukan dalam menangani kulit sensitif bayi dan anak adalah menghindari kontak dengan alergen (zat pemicu alergi). Saya pun kemudian mengambil langkah pencegahan. Diantaranya dengan memilih sabun dan pencuci pakaian yang tanpa tambahan detergent SLS.

3 Hal Yang Saya Perhatikan Dalam Memilih Sabun Mandi Baby dan Cairan Pencuci Pakaian Baby

1. Tanpa tambahan SLS ( Sodium Lauryl Sulfate/Sodium Laureth Sulfat/Sodium Myrate Sulfat/Anionik Surfaktant)

Memang ada anjuran untuk memilih sabun tanpa tambahan SLS (Sodium Lauryl Sulfate). Mengapa? Karena cara bekerjanya SLS adalah membuat kulit bersih dengan menyerap kelembaban kulit. Sehingga kelembaban alami kulit bisa hilang. Kulit menjadi kering dan iritasi. Jika ini terjadi pada kulit yang sensitif tentu akan memperparah alerginya.

2. Ph nya 5,5

Ph ini adalah Ph normal untuk kulit bayi. Maka produk untuk baby sebaiknya di Ph 5,5.

3. Diproduksi dengan standar kualitas GMP (Good Manufacturing Practice)
Dari pemilihan bahan baku, proses produksi, pengemasan hingga bahan jadi sesuai standar GMP. Ini merupakan jaminan mutu dari suatu produk.

Nah, produk yang memenuhi kriteria di atas adalah Purebaby. Produk perawatan bayi dan anak ini diproduksi dibawah pengawasan Novel Pharmaceutical.  Ituloh Moms, yang juga memproduksi Lacto B yang biasanya digunakan untuk mengatasi diare pada si kecil.

Purebaby Liquid Soap

Purebaby Liquid Soap untuk kulit sensitif bayi

Saya pun akhirnya menggunakan produk Purebaby Liquid Soap untuk Zahira. Produk sabun cair ini diperuntukkan bagi kulit sensitif. Dengan formula khusus tanpa tambahan SLS dan mengandung Triple moisturizer (ekstrak oat kernel, chamomile dan pro vit B5) akan merawat kulit bayi sensitif /masalah pada kulit bayi.

Untuk lebih jelasnya, inilah manfaat ketiga zat tersebut:

Ekstrak Oat Kernel

Oat Kernel terdiri dari zat aktif Oat, yaitu Mucilage polysaccharides (β-glucan), proteins (glutelin and avenin), dan flavonoids. Khasiatnya melembabkan kulit, memberi kesejukkan dan bersifat menenangkan kulit dari rasa gatal dan perih akibat iritasi.

Ekstrak Chamomile

Bunga Chamomile  yang bersifat sebagai anti inflamasi untuk menyamarkan merah-merah pada kulit bayi.  Telah lama dikenal memiliki khasiat untuk kulit. Kandungan Allantoin diketahui mampu mengatasi iritasi kulit. Selain itu kandungan antioksidannya mampu menghalau radikal bebas yang merusak kulit. Camomile juga dikenal memiliki khasiat untuk meregenerasi kulit.

Pro Vit B5

Turunan dari Vitamin B5 ini memiliki kemampuan mengikat air di dalam kulit lebih lama. Selain itu mampu menjaga metabolisme kulit. Daya tembusnya hingga ke kulit lapisan dalam. Sehingga kulit menjadi halus dan lembut.
Aroma yang tercium dari Purebaby Liquid Soap amat lembut. Berbeda dengan sabun lainnya.

Bagaimana teksturnya? Purebaby Liquid Soap memiliki tekstur yang agak kental. Berwarna putih susu. Teksturnya yang kental memudahkan ketika menggunakannya. Tak kawatir cairan sabun akan tumpah ke lantai ketika dituang.tekstur-purebaby-liquid-shop

Cara pemakaiannya gampang :

1. Tuang Purebaby Liquid Soap ke washslap basah.
2. Usapkan ke tubuh anak. Purebaby Liquid Soap dikemas secara khusus tanpa tambahan SLS jadi tak akan mengeluarkan banyak busa, ya.

3. Bilas dengan air
Setelah dirasa cukup, bilas badan anak dengan air. Lakukan hingga badan anak bersih dari sabun.

Dengan mandi rutin pakai Purebaby Liquid soap setiap hari setelah 2 minggu kulit Zahira lebih lembab. Apalagi beberapa minggu ini cuaca panas. Bahkan dimalam hari. Biang keringat pun muncul di wajah dan punggung Zahira. Akhirnya saya lega karena biang keringat memudar.

Nah sekarang lanjut membahas Purebaby Laundry Liquid, ya.

Purebaby Laundry Liquid

Purebaby Laundry Liquid tanpa tambahan SLS dan mengandung zat pembersih Alkylpoliglucoside yang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung. Selain itu Purebaby Laundry Liquid juga mengandung ekstrak Aloe Vera untuk melembutkan pakaian, sebagai antibakteri dan juga antijamur. Purebaby Laundry Liquid menjadi sabun pencuci yang hypooallergenic.

Purebaby Laundry Liquid memiliki aroma yang hampir tak tercium. Lembut banget. Sementara itu teksturnya lebih cair dari sabun cair yang biasa saya gunakan. Menurut saya encer banget. Jadi berhati-hati saat menuangnya. Ketika mesin cuci diputar, muncullah busa. Namun, tak seperti sabun cuci lainnya. Busanya tak melimpah. Ternyata, ini karena tidak mengandung anionic surfaktan atau SLS. Moms, busa melimpah tidak sama dengan bersih, ya!

Purebaby Laundry Liquid mampu membersihkan noda seperti bekas muntahan. Saat itu anak saya sakit dan sempat muntah. Baju yang terkena muntahan saya cuci dengan Purebaby Laundry Liquid. Hasilnya bersih, bau muntahan juga hilang. Hanya memang tak sewangi ketika memakai detergen lain. Karena yang dibutuhkan oleh bayi bukanlah wangi . Yang penting pakaian nyaman dipakai si kecil dan tidak bau apek.

Oh ya, dicuci dengan Purebaby Laundry Liquid pakaian jadi tak kaku. Setelah kering juga tak bau apek meskipun tak seharum ketika memakai detergen lain. Zahira pun tidak merasa merasa gatal-gatal ketika memakai baju yang telah dicuci dengan Purebaby Laundry Liquid.

Memiliki anak dengan kulit sensitif, membuat saya jadi lebih hati-hati. Menghindari pencetus alergi adalah hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan Purebaby Liquid Soap dan Purebaby Laundry Liquid tanpa tambahan SLS.

Oh ya, Purebaby bisa didapatkan di Grand Lucky, Farmers, Ranch Market, Food Hall, AEON, Lulu, Kimia Farma, Century, dan Baby Shop di kota teman-teman. Purebaby Liquid Soap bisa juga didapatkan di apotek K24, apotek Roxy, dan apotek lainnya di kota teman-teman.

40 Comments

  1. Ana Ike April 29, 2019
  2. Khairiah April 29, 2019
  3. Khairiah April 29, 2019
  4. Rachmanita April 29, 2019
    • Yustrini May 2, 2019
  5. mamakhumamRIka April 29, 2019
  6. Kanianingsih April 30, 2019
  7. Uniek Kaswarganti April 30, 2019
  8. Hikmah Khaerunnisa April 30, 2019
  9. Khoirur Rohmah April 30, 2019
  10. Ranny April 30, 2019
  11. Idah Ceris April 30, 2019
  12. Mugniar April 30, 2019
  13. Liswanti April 30, 2019
  14. Yessi Greena April 30, 2019
    • Sapti nurul hidayati May 2, 2019
  15. Indah Nuria May 1, 2019
  16. Latifah Kusuma May 1, 2019
  17. vika May 2, 2019
  18. Mei May 2, 2019
  19. agata vera May 2, 2019
  20. Elisabeth Murni May 2, 2019
  21. Hanifa May 2, 2019
  22. innaistantina May 2, 2019
  23. agi tiara May 2, 2019
  24. Wiwin Pratiwanggini May 3, 2019
  25. Disma May 3, 2019
    • Dhita Erdittya May 17, 2019
  26. Agustina Purwantini May 3, 2019
  27. Ardiba May 3, 2019
  28. Nisya Rifiani May 3, 2019
  29. Mini GK May 3, 2019
  30. Miss Riana May 3, 2019
  31. Dian Farida Ismyama May 3, 2019
  32. Eka Wahyuni May 4, 2019
  33. Fanny F Nila May 5, 2019
  34. Arinta Adiningtyas May 9, 2019
  35. BlogerMadura May 10, 2019
  36. cutdekayi May 10, 2019
  37. Ipeh Alena May 10, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.