Blogging and Social Media

Memilih Smartphone Baru, Pertimbangkan 3 Poin Ini

Memilih smartphone baru, buat perempuan seperti saya, bukan urusan sederhana. Gimana nggak, saya ini nggak paham soal teknis smartphone. Selain itu, saya juga banyak maunya, wakaka. Penginnya sih, punya smartphone yang tampilannya mulus dan ramping. Sementara itu, perfomanya mampu mendukung aktifitas blogging.

Eh, kenapa tiba-tiba ngobrolin smartphone baru? Begini ceritanya,

Beberapa waktu lalu, smartphone andalan dan kesayangan saya, jatuh. Ini sudah yang kesekian kali sebetulnya. Kejadian sebelum-sebelumnya sih, nggak ngefek. Tampilan tetap mulus dan perfomanya juga masih seperti yang dulu. Tsah, lagu kali!

Eh, bener kok, smartphone milik saya ini memang bandel. Sejak tahun 2012, digeber tiap hari untuk aktif di media sosial dan blogging. Belum pernah mengalami kerusakan. Selain itu, kemampuannya untuk urusan fotografi, so far memuaskan buat saya. Tapi, kejadian jatuh yang terakhir itu, fatal. Casingnya, terbuka sebagian. Ini menganggu banget. Selain itu, buat motret, hasilnya tak sebagus dulu. Di sini, saya sedih!

Maklum, separuh nyawa aktifitas media sosial, chat grup dan blogging, ada di smartphone ini. Belum rela, membawanya ke tukang service. Ini berarti, saya harus puasa dari sosmed dan blogging. Urusan service kan, butuh waktu.

chasing smartphone terbuka

tuh, kan kebuka kayak gitu

Bukan karena maniak sich, tapi lebih kepada kebutuhan pekerjaan. Menjadi admin grup blogging di WA adalah salah satu alasannya. Selain itu, smartphone ini kan saya pakai sebagai modem juga. So, aktifitas blogging saya memang di support olehnya.

Ditambah lagi, sedang ada negosiasi untuk job review. Arrgh, yang ini bikin galau kalau mau mengistirahatkan smartphone sementara waktu. Repot, ciin, kalau harus bolak-balik ke warnet.

Akhirnya kepikiran untuk membeli smartphone baru. Etapi, serius mau beli smartphone baru?

Bukannya, selama ini ngincer smartphone dari lomba-lomba? Ups! Iya, sih, tapi belum ada lagi lomba yang berhasil saya menangkan, nih. Nggak papa kan, cari alternatif lain? Yaelah, ini mah modus pengin smartphone baru.

Memilih Smartphone Baru Harus Pas

So, saya pun mulai bertanya pada seorang teman. Kebetulan dia ini kerjanya memang ngulik dan ngereview smartphone. Jadi, tempat yang tepat untuk bertanya cara memilih smartphone baru. Namanya Ditya Pandu dari tuxlin.com dan laptophia.com.

Pertanyaan saya sih sederhana. Hanya seputar cara memilih smartphone baru. Menurut Mas Ditya kalau mau memilih smartphone baru itu, perhatikan dulu 3 poin berikut ini:

  1. Kebutuhan

Penting untuk mengenali aktifitas dalam memakai smartphone. Sekadar bersosmed ria, untuk fotografi atau ada kebutuhan lain. Misalnya kebutuhan untuk mengerjakan dokumen, blogging atau lainnya. Aktifitas tersebut harus mampu di kover oleh smartphone yang akan dibeli.

Intinya sih Mba, yang dibutuhkan itu smartphone dengan kamera yang bagus, layar kinclong atau perfoma kencang. Bahkan mungkin kombinasi ketiganya, ujar laki-laki berkacamata ini.

smartphone

Lalu, kalau memilih smartphone baru yang bisa support aktifitas blogging apa dong, yang harus diperhatikan?

Oh, kalau itu cari baterai dengan kapasitas besar, sekitar 4000 an mAh, kameranya memadai dan kalau bisa yang support 4G! Lanjut laki-laki berambut ikal ini.

Selain itu perhatikan pula ukuran layarnya, minimal 5,5 inci. Biar nyaman buat ngetik. Iya, sih, ngetik kan butuh waktu nggak sebentar. Jadi, kenyamanan itu penting.

Jangan abaikan pula sistem operasinya, mau pakai android atau IOS. Kalau buat saya sih, android ya. Alasannya sih, karena sudah terbiasa dengan sistem operasinya. Jadi, nggak perlu penyesuaian lagi.

  1. Budget

Ini juga nggak kalah penting. Sudah nemu smartphone kecengan bukan berarti langsung berjodoh kan, ya. Lihat lagi budget maksimalnya. Kalau masuk budget, bisa langsung dibeli.

Enaknya sih, data dulu smartphone apa saja yang ada di range budget maksimal tadi. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan aktifitas kita.

isi dompet

sesuaikan dengan budget

Misalnya nih, budget maksimalnya 2,5 juta. Berarti mulai survei smartphone apa saja yang ada di range itu. Survei juga harga smartphone idaman, misalnya merek Samsung. Harga Samsung tipe mana yang masuk list. Lalu, mulailah diseleksi yang sesuai dengan kebutuhan kita, sebagai blogger kah, gamers atau social media activist.

  1. Garansi

Nah, jangan abaikan soal garansi ini. Pilih merek smartphone yang memberikan layanan purna jual yang bagus. Jangan sampai, kita kecewa. Saat smartphone bermasalah, ternyata tak ada layanan garansi.

Mengenali merek smartphone dengan reputasi layanan purna jual yang baik itu harus. Kata Mas Ditya, beberapa merek tertentu memang kurang bagus layanan purna jualnya. Berhati-hatilah!

Kelihatannya tiga hal tadi itu sepele, ya. Tapi, buat saya yang kurang paham soal smartphone, bukan perkara sederhana. Apalagi kalau harus berkompromi dengan keinginan. Saya kan punya hasrat terpendam untuk memiliki smartphone tertentu. Hasrat ini yang nantinya akan berkompromi dengan kemampuan, ye kan.

Terus gimana dong, kalau mupeng banget sama smartphone yang pas dengan kebutuhan tapi ternyata over budget? Kalau saya sih, memilih untuk menabung dulu, dech. Ini cara aman memiliki smartphone baru. Bisa juga pakai cara lain. Ikutan lomba blog seperti biasa. Tentu, lomba blog yang hadiahnya smartphone impian lah.

Oke dech, saya jadi punya gambaran dalam memilih smartphone baru. Makasih buat Mas Ditya Pandu yang sudah mau direcokin. Prinsipnya, memilih smartphone baru itu harus pas. Iya, pas antara kebutuhan dan kemampuan membeli. Plus, harus bergaransi.

Kalau teman-teman ada rencana mengganti smartphonenya? Atau punya pengalaman dalam memilih smartphone baru? Boleh loh, sharing di sini.

 

30 Comments

  1. Lucky Caesar Direstiyani January 1, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  2. Tuxlin January 1, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  3. iffah ipeh January 1, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  4. Hairi Yanti January 1, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  5. Ayaa January 3, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  6. nana January 3, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  7. Fubuki Aida January 3, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  8. Maya nirmala sari January 3, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  9. Ivonie January 4, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  10. Kurnia amelia January 4, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  11. Sandra Nova January 5, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  12. Ranny January 5, 2017
    • Ety Abdoel January 7, 2017
  13. Aya January 7, 2017
  14. Citra p January 8, 2017
  15. Noer Ima Kaltsum January 9, 2017
  16. kania January 9, 2017
  17. lindaleenk January 10, 2017
  18. nitalanaf January 10, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.