Event

Tips Nyaman Melakukan Perjalanan Liburan Dengan Kereta Api

a title here (1)

Menjelang akhir Desember seperti sekarang, yang jadi hot topic pasti soal liburan. Ya, akhir tahun memang musimnya liburan. Anak-anak kita, sebentar lagi juga menjalani liburan semesteran. Bagi yang merencanakan liburan ke suatu tempat pasti sudah bersiap-siap nih. Salah satu item penting yang harus dipersiapkan adalah transportasi menuju tempat liburan. Adakah yang memilih naik kereta api dalam melakukan perjalanan liburan, seperti saya?.

Jika harus melakukan perjalanan darat, ada dua moda transportasi yang bisa dipilih yaitu bis atau kereta api. Tiap orang bisa jadi memiliki pilihan yang sama namun dengan alasan yang bisa berbeda. Kalau saya sih, lebih memilih kereta api jika harus melakukan perjalanan darat. Sepanjang kota tujuan memang dijangkau oleh layanan PT KAI.

Bicara soal mengapa saya lebih memilih kereta api, alasan yang pertama adalah bebas macet. Sudah jadi hal yang biasa ketika musim liburan tiba maka jumlah volume kendaraan di jalan raya bertambah. Hal ini berpotensi menimbulkan kemacetan. Fakta ini tentu bisa menjadi hambatan dalam menikmati liburan. Makanya, untuk menghindari kemacetan, naik kereta api adalah pilihan tepat.

Alasan kedua, naik kereta api dengan kelas ekonomi sekarang nyaman. Saya pernah menuliskan tentang hal ini. Dengan ongkos yang murah sudah bisa mendapatkan kenyamanan minimal maka buat saya ini cukup untuk membuat saya memilih kereta api. Jika teman-teman menghendaki, bisa banget cari yang lebih nyaman lagi dengan naik kelas bisnis ataupun eksekutif.

suasana di stasiun kereta

suasana di stasiun kereta

Kereta api ini jumlahnya terbatas dan beroperasi dengan jadwal tertentu. Jadwal tersebut biasanya tepat. Kalau toh delay, sekarang sih nggak seperti dulu. Selain itu ada sistem yang berubah dalam masalah tiket, misalnya. Ditambah lagi sekarang diterapkan pula boarding pass dengan identitas asli.

Dari pengalaman yang saya alami selama naik kereta api, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan naik kereta api menjadi nyaman. Diantaranya:

  1. Kenali nama kereta api, jadwal keberangkatan, dan tarif. Ada banyak kereta api yang beroperasi, sebagai calon penumpang kita tentu harus tahu nama kereta api dan jadwal keberangkatan. Ini bisa dilihat pada papan pengumuman di stasiun. Bisa juga dilihat di web PT.KAI di bagian reservasi. Tinggal kita cocokkan jadwal keberangkatan kereta dengan jadwal keberangkatan kita. Ada banyak pilihan kereta api dari kelas ekonomi hingga kelas eksekutif, tinggal pilih yang cocok dengan kondisi masing-masing.
  2. Jika sudah ketemu kereta yang cocok, kita harus terlebih dulu mengecek ketersediaan tempat duduk. Keterangan ini bisa ditanyakan ke bagian Customer Service. Jika merasa repot karena harus mengecek, bisa diskip sih tapi resikonya jika ternyata kereta yang kita inginkan sudah penuh maka kita harus segera mencari kereta api lainnya.
  3. Untuk mendapatkan tiket sekarang sudah tersedia beberapa jalur, ini tentu memudahkan. Pilih saja mana yang nyaman buat kita. Cara pertama, pesan tiket langsung di stasiun, dengan mengisi formulir pemesanan. Jangan lupa bawa identitas pribadi, karena sekarang nama yang tercantum dalam tiket harus sesuai dengan kartu identitas (KTP/SIM/KK/Paspor/KTA). Alternatif lain jika tidak ingin mengantri di loket maka bisa pesan secara online melalui website PT KAI, atau melalui aplikasi Blackberry dan Android. Bisa juga memesan tiket kereta api di kantor atau minimarket yang telah melakukan kerjasama dengan PT KAI. Selain itu ada banyak payment point yang bisa melayani pemesanan tiket kereta api. Oh ya, untuk perjalanan jarak jauh, tiket bisa dipesan 90 hari sebelumnya. Jadi buat yang merencanakan liburan, bisa jauh-jauh hari pesan tiket supaya tidak kehabisan.
  4. Supaya tidak ketinggalan kereta maka periksa kembali jadwal keberangkatan. Datanglah selambat-lambatnya 15 menit sebelum kereta berangkat. Jika terlambat maka akan ketinggalan kereta maka sia-sialah rencana liburannya.
  5. Untuk kelancaran proses boarding pass siapkan kartu identias asli karena nama yang tertera dalam tiket harus sesuai dengan yang tercantum pada kartu identitas.

    periksa tiket dulu

    periksa tiket dulu

  6. Perhatikan nomor gerbong dan nomor tempat duduk. Supaya tidak salah masuk gerbong, jika salah biasanya akan disuruh pindah. Daripada repot salah gerbong lebih baik perhatikan dengan benar nomer gerbong dan tempat duduk. Jika bingung, bisa bertanya pada petugas yang stand by di dekat kereta yang akan berangkat.
  7. Perhatikan pula barang bawaan. PT. KAI menghimbau agar berat barang bawaan tidak lebih dari 20 kg atau 100 dm3 sehingga barang bisa ditaruh bagasi penumpang. Bukan diletakkan di lorong atau dibawah kursi karena bisa menganggu kenyamanan penumpang.
  8. No smoking, alias jangan merokok di dalam kereta. Selain menganggu kenyamanan penumpang lainnya, merokok juga beresiko untuk diturunkan di stasiun berikutnya. Jangan pula sembunyi-sembunyi merokok di toilet karena bakal menganggu kepentingan penumpang lain yang ingin ke toilet.
  9. Jaga kebersihan kereta, taruh sampah di kantong plastik, jangan dibiarkan tercecer di lantai gerbong meskipun ada petugas cleaning service yang secara berkala membersihkan gerbong.

Naik kereta api untuk perjalanan liburan itu salah satu pilihan yang bisa diambil bagi pengguna transportasi umum. Lebih cepat sampai tujuan, relatif murah, dan nyaman, itu menurut saya. Apalagi, PT KAI suka memberikan promo-promo menarik terkait dengan layanannya. Perlu nih pantengin website nya agar tahu mengenai promo menariknya.

Beberapa hal di atas saya share berdasarkan pengalaman pribadi, karena saya memang penumpang setia kereta api, qeqeqe. Jadi mau liburan kemana nih?. Selamat menikmati liburan, semoga menjadi liburan yang menyenangkan.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

32 Comments

  1. ADE ANITA December 18, 2015
    • Ety Abdoel December 19, 2015
  2. Indah Juli December 18, 2015
    • Ety Abdoel December 19, 2015
  3. rizka December 18, 2015
    • Ety Abdoel December 19, 2015
  4. TulisanBloggerIndonesiaCom December 18, 2015
    • Ety Abdoel December 19, 2015
  5. ratusya December 19, 2015
    • Ety Abdoel December 19, 2015
  6. turiscantik December 19, 2015
    • Ety Abdoel December 19, 2015
  7. Titik Asa December 19, 2015
    • Ety Abdoel December 19, 2015
  8. inayah December 19, 2015
    • Ety Abdoel December 19, 2015
  9. Indah Nuria December 20, 2015
    • Ety Abdoel December 21, 2015
  10. Hidayah Sulistyowati December 20, 2015
    • Ety Abdoel December 21, 2015
  11. Kania December 20, 2015
    • Ety Abdoel December 21, 2015
  12. zata December 21, 2015
    • Ety Abdoel December 21, 2015
  13. Lia Harahap December 21, 2015
    • Ety Abdoel December 30, 2015
  14. Diah Kusumastuti December 21, 2015
    • Ety Abdoel December 22, 2015
  15. Mira December 23, 2015
    • Ety Abdoel December 24, 2015
  16. Lusi December 23, 2015
    • Ety Abdoel December 24, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.